Mohon tunggu...
Budi Hermawan
Budi Hermawan Mohon Tunggu... Traveler

Traveler yang menyukai senja

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Hal-hal Berikut Ini Bisa Jadi Tanda Sedang Stres

19 Februari 2021   08:07 Diperbarui: 19 Februari 2021   08:31 99 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hal-hal Berikut Ini Bisa Jadi Tanda Sedang Stres
Sumber Gambar: Ahmad Gunnaivi via Unsplash

Hidup pada zaman modern seperti ini memang memiliki beban berat. Tanpa sadar, kita sudah tidak kuat menanggungnya sehingga stres. Banyak hal yang sebenarnya mengindikasikannya tapi sering tidak kita sadari.

Sebagai orang tua sekaligus kepala keluarga, beban yang ditanggung memang lumayan banyak ya. Kita harus bekerja keras demi menafkahi keluarga. Lalu, masih harus membantu mendidik anak. Sudah begitu, tekanan di tempat kerja cukup besar.

Tanpa disadari, semua itu bisa membuat kita stres. Jangan sepelekan lho. Stres berbahaya bagi kesehatan. Apalagi kalau punya masalah kerontokan rambut. Kondisinya bisa semakin parah. Saya sendiri pernah mengalaminya, rambut tiba-tiba suka rontok, padahal umur juga masih terbilang muda. Awalnya saya abikan saja, tapi kok lama-kelamaan makin parah. Panik dong, saya coba cari info ternyata ini adalah salah satu tanda saya sedang stres.

Mengatahui fakta ini, saya makin stres, beruntungnya ada teman yang kasih tahu agar konsultasi ke Sozomen. Saya nurut saja karena ingin permasalahan rambut rontok segera selesai. Setelah sebulan berjalan, akhirnya rambut rontok saya mulai berkurang.

Maka dari itu, kenali tanda-tanda stres berikut ini ya:

  • Sakit Kepala

Sering sakit kepala? mungkin anda stres. Riset yang diterbitkan National Library of Medicine pada 2014 memperlihatkan bahwa ada hubungan antara stres dan sakit kepala. Ditemukan bahwa jika stres meningkat, frekuensi sakit kepala juga bertambah. Anda seperti itu?

  • Sakit Otot dan Sendi

Kalau sering merasa sendi dan otot selalu sakit, bisa jadi anda sedang stres. Terlebih lagi kalau sakitnya kronis alias terus-menerus dan sudah lama sekali. Jika tidak ditemukan penyebab pastinya, mungkin memang stres.

  • Masalah Pencernaan

Sering merasa lambung bermasalah? mungkin anda stres. Ada kaitan langsung antara sistem pencernaan dengan stres. Kalau sudah makan teratur dengan porsi buah serta sayur yang banyak namun lambung kerap sakit, besar kemungkinan stres sedang dialami.

  • Susah Tidur

Orang stres sering susah tidur. Sudah rebahan di tempat tidur, mata enggak bisa terpejam. Bahkan, kalau ekstrem, mereka bisa insomnia. Jati-hati ya.

  • Nafsu Makan Berubah

Ini juga sering tidak disadari sebagai tanda stres, yakni nafsu makan yang berubah. Saat stres, ada dua kemungkinan yang terjadi, antara malas makan atau malah terlalu bernafsu buat makan. Kalau ini anda rasa enggak normal, coba relaks dulu. Mungkin anda sedang stres.

  • Mudah Lelah

Dulu anda energik. Bangun pagi berangkat kerja, pulang masih terasa segar. Tapi, sekarang bisa jadi, pagi-pagi sudah lemas. Badan makin mudah lelah. Awas, mungkin sedang stres!

  • Detak Jantung Meningkat

Hati-hati kalau tiba-tiba sering detak jantungnya meningkat drastis. Mungkin anda sedang stres. Kondisi ini biasanya terjadi ketika tekanan hebat sedang dialami.

Apakah ada salah satu yang anda alami? coba lakukan cek kesehatan. Jika tidak ditemukan masalah dengan kesehatan fisik, mungkin stres menjadi penyebabnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x