Mohon tunggu...
Manik Indra Defie
Manik Indra Defie Mohon Tunggu... Relawan - Pekerja Kreatif

Mencoba untuk menjadikan menulis sebagai hobi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Perkuat Solidaritas Team Work Bisnis UMKM dengan Goals, Roles, Process & Interpersonal Relationship

20 Agustus 2022   17:47 Diperbarui: 20 Januari 2023   12:10 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Oleh : Ratih Mukti Azhar., S.P., M.M

Team berperan penting dalam sebuah bisnis, keberadaannya dianalogikan sebagai salah satu pondasi kuat dalam sebuah bangunan. Apabila tidak dikelola dengan baik, bisnis yang dibangun menjadi terhambat perkembangannya. 

Sehingga penting bagi pelaku bisnis apapun skala usahanya untuk terus mengevaluasi kerja team agar bisnis yang dikelola mampu bertahan di tengah persaingan, termasuk para pelaku bisnis UMKM

Bukan berarti bahwa UMKM yang merupakan usaha bisnis skala menengah kebawah dan cenderung membutuhkan karyawan yang relative lebih sedikit tidak memperhatikan factor kualitas sumber daya manusianya yang terletak pada team, justru penting bagi UMKM untuk membangun, mengelola, dan menjaga agar team tetap efektif dan solid.

Membangun team yang efektif guna menghasilkan teamwork yang solid bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan pendekatan GRPI (Goals, Roles, Process & Interpersonal Relationship). Team yang efektif memiliki 4 (empat) pilar penting yaitu Goals, Roles, Process dan Interpersonal Relationship. 

Goals yang sama dan rasa saling memiliki terhadap tujuan harus ada pada team yang efektif. Hal ini dilakukan agar team dapat dengan mudah menentukan arah dalam mencapai tujuan. 

Untuk mendukung Goals, Team harus berbagi peran (Roles). Pembagian Roles antar anggota team yang tepat memudahkan team dalam membentuk struktur team serta memunculkan ekspektasi yang sama terhadap Ground Rules yang telah disepakati dan dijalankan barsama oleh setiap anggota team.

Untuk mendukung tujuan yang ditetapkan bersama, team harus menyusun proses dan prosedur (Process) yang sesuai dengan tugas dari setiap roles anggota team. 

Penyusunan proses seperti menetapkan proses standar yang cerdas untuk tindakan, pengambilan keputusan, manajemen konflik, pemecahan masalah, prosedur komunikasi dan alokasi sumber daya,  dapat dengan efektif mendukung tujuan team dengan menentukan interaksi yang tepat dalam team.

GRPI Model; Sumber:  Michael Brimm, Noel Tichy, et al (1988)
GRPI Model; Sumber:  Michael Brimm, Noel Tichy, et al (1988)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun