Mohon tunggu...
Rangga MalikWigraha
Rangga MalikWigraha Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa sv ipb

Mahasiswa SV IPB

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dampak Positif dan Negatif pada Teknologi Game Online

30 Juli 2021   14:52 Diperbarui: 30 Juli 2021   16:28 179 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Positif dan Negatif pada Teknologi Game Online
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

       Apakah kamu sadar perkembangan zaman meningkat secara pesat? terutama pada bidang Teknologi game yang dimainkan oleh generasi muda untuk masa depan.

       Salah satu hasil dari Perkembangan Teknologi adalah Internet. Seiring dengan perkembangan Zaman Teknologi Internet semakin berkembang pesat, salah satu manfaat nya adalah sebagai hiburan, misalnya untuk bermain. permainan yang menggunakan internet bisa dikenal sebagai game online. Game online ini menjadi tren baru yang banyak diminati dari usia muda sampai tua karna macam macam game yang dimainkan sesuai umurnya dan seseorang tidak lagi bermain sendiri, tetapi bisa memungkinkan bermain bersama puluhan orang sekaligus dari berbagai macam lokasi. berkat teknologi internet pun para pemain game online bisa bermain dimana saja, bahkan antar bangsa dan negara. tapi game online ini mempunyai dampak positif dan dampak negatif loh guys, yuk kita cari tau apa dampak positif dan negatif nya agar kita bisa menyadari nya.

       Dampak positif dan negatif dari permainan game online :

                1. Dampak Positif 

       Game online ini bagus untuk perkembangan teknologi generasi muda, walaupun hanya virtual tapi anak bisa banyak mendapatkan hal yang baru, seperti mendapatkan teman baru, bisa berinteraksi dengan banyak orang menggunakan teknologi internet, bisa menumbukan sikap kreatifitas dan inisiatif pada anak, bisa mengatur emosi dan perasaannya, dan game online juga bisa sebagai alat penghibur orang yang sedang bosan,stress.

       Pengaruh game online juga bisa disebabkan pada anak yang sering tawuran, banyak anak yang sudah tidak lagi mengikuti tawuran dan lebih baik diam dirumah atau pergi ke warnet (warung internet) untuk bermain game. apalagi di zaman ini banyak sekumpulan orang yang membuat tim/anggota game online yang bisa dijadikan pekerjaan seperti: mobile legend,dota,pubg,free fire yang menghasilkan uang dari berbagai ajang tournament dalam negeri atau luar negari yang mereka ikuti dan juga banyak orang dari pelosok yang datang ke kota untuk mengikuti ajang tournament game online. 

      Faktanya memang perkembangan game ini mampu menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit. Perkembangan industri game yang sangat pesat akhir-akhir ini disambut baik oleh beberapa developer lokal di Indonesia. Mereka melihat kemajuan ini sebagai sebuah peluang bisnis yang mempunyai prospek baik.

             2. Dampak Negatif 

      Dampak Negatif pada Game online sering terjadi pada anak anak ataupun remaja, sehingga tidak sedikit anak atau remaja yang berubah menjadi pecandu game online sehingga lupa pada jati diri mereka yang sesungguhnya, waktu yang semestinya untuk bermain dengan teman sebaya nya dan belajar, kini telah terbuang waktu nya untuk duduk bermain game online, sehingga anak tertinggal materi pelajarannya dan anak itu bisa sulit bersosisalisasi kepada orang lain. 

      Tentu saja banyak alasan yang mendasari mengapa para remaja mau berlama-lama duduk didepan komputer, lebih menyukai menjalani kehidupan dalam dunia maya mereka dari pada dunia nyatanya sendiri. Banyak anak yang bermain game online sampai mengalami penuruan prestasi, bahkan bisa sampai mengalami masalah kepribadian, menderita penyakit, dan bisa melakukan tindakan kriminal. banyak anak yang menyisihkan uang nya untuk bermain game online di warnet (warung internet) yang melengkapi alat game online hanya dengan membayar biaya yang relatif murah, yaitu sebesar Rp. 3.000 per jam nya seorang anak bisa betah menghabiskan waktu berjam-jam terlibat dalam kesenangan game online. 

      Ketergantungan pada anak yang bermain game online memicu untuk melakukan hal hal yang negatif seperti pemarah, pembohong, pemalu, pemalas, dan lainnya. bahkan banyak anak yang mencontohkan tindakan kriminal di game ke dunia nyata seperti game Grand Theft Auto III, anak anak atau remaja melakukan tindakan kriminal seperti bermain senjata asli,membunuh orang yang ditunjukkan pada game tersebut. bermain game online terlalu lama juga berdampak tidak baik pada kesehatan dan bisa juga menimbulkan kematian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN