Mohon tunggu...
Corner of Randomness
Corner of Randomness Mohon Tunggu... Keterangan Profil

Seorang mahasiswa ilmu gizi dengan blog bertema tumbuhan dan bahan makanan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Sebelum Berolahraga, Perhatikan Tips Makan Berikut Ini!

31 Mei 2021   11:08 Diperbarui: 31 Mei 2021   11:13 62 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebelum Berolahraga, Perhatikan Tips Makan Berikut Ini!
Ilustrasi Makanan dan Olahraga (Sumber : Shutterstock)

Aktivitas fisik dan olahraga merupakan bagian yang penting dari gaya hidup sehat. Sama halnya dengan gizi seimbang, dimana keduanya berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Asupan yang tepat dapat mempengaruhi performa, mood, dan hasil latihan Anda, dan bahkan juga untuk latihan Anda selanjutnya.

Apa, kapan, dan berapa banyak yang Anda butuhkan dapat berbeda-beda untuk tiap orang, dan juga untuk waktu, jenis, dan tujuan olahraga. Namun, secara garis besar, berikut tips mengenai cara makan sebelum, sesaat, dan setelah Anda berolahraga.

Sebelum Berolahraga

Ilustrasi Smoothies (Sumber : Pixabay)
Ilustrasi Smoothies (Sumber : Pixabay)

Setiap zat gizi memiliki peran masing-masing bagi tubuh sebelum berolahraga. Karbohidrat membantu tubuh meningkatkan kemampuan cadangan energi untuk latihan durasi pendek dan intensitas tinggi. Lemak menjadi sumber tenaga untuk latihan dengan durasi panjang dan intensitas sedang hingga rendah. Sedangkan protein meningkatkan pembentukan otot dan membantu pemulihan.

Namun demikian, jumlah yang Anda butuhkan dapat bervariasi tergantung karakteristik individu dan jenis latihan. Selain itu, waktu makan juga penting diperhatikan untuk memaksimalkan hasil latihan. Secara garis besar, berikut hal yang Anda perlu ketahui.

Jika Anda berolahraga selama kurang dari satu jam di pagi hari setelah bangun, Anda tidak perlu sarapan. Hal ini mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak persentase lemak tubuh sebagai sumber energi.  Sebuah studi menunjukkan orang akan membakar lemak selama 24 jam jika mereka berolahraga sebelum sarapan dibandingkan waktu lainnya.

Namun, jika Anda merasa lapar ketika bangun, Anda mungkin butuh snack. Camilan dalam jumlah kecil yang kaya akan karbohidrat memberikan cukup energi untuk beraktivitas dan meningkatkan perasaan relaks setelah berolahraga.

Jika Anda berolahraga selama lebih dari satu jam pagi hari setelah bangun, Anda harus mengonsumsi snack seperti yang telah disebutkan sebelumnya, agar Anda memiliki cukup energi untuk latihan. Jika Anda bangun paling tidak 30 menit sebelum berolahraga, Anda akan memiliki cukup waktu untuk mencerna snack yang lebih banyak, paling tidak sekitar 200 kalori. Hal ini mungkin ideal, karena kalori ekstra dapat mencegah rasa lelah, sehingga membantu Anda menyelesaikan latihan.

Sedangkan apabila Anda berolahraga di waktu lain dan Anda telah makan selama dua hingga tiga jam sebelumnya, Anda dapat langsung berolahraga tanpa makan sebelumnya. Namun jika Anda belum makan, Anda perlu mengonsumsi snack sebanyak 100-200 kalori dalam 30 menit hingga satu jam sebelum latihan agar tubuh Anda siap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x