Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Penyuluh Kesehatan

Kompasianer Of the Year 2022, 101 x Prestasi Digital Competition (68 writing competition, 23 Instagram Competition, 9 Twitter Competition, 1 Short Video Competition), Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

"Connecting Future" dengan Kanal-kanal Komunikasi Bank Danamon

27 Oktober 2017   22:40 Diperbarui: 28 Oktober 2017   08:42 1692
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Deskripsi : Launching Coorperate Website & restrukturisasi akun social media Bank Danamon I Sumber Foto : Andri M

Di era 90-an dan 2000-an dimana smartphone belum digunakan banyak orang, Bank sebuah unit usaha yang dipersepsikan protokoler dengan pelayanan adminitratif yang berbelit-belit. Daku ingat sekali saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) di pertengahan 90-an, ketika pertama-kali merasakan pelayanan transaksi finansial yakni transfer antar Bank. Pada saat itu daku dan Ibu harus mengantri dan menunggu sekitar 3 (tiga) jam lebih.

Tapi itu dulu jaman dimana transaksi finansial di bank masih mengutamakan dokumen dengan kertas (paper). Saat ini di sepanjang tahun 2017 daku sendiri sudah tidak pernah lagi berkunjung ke Bank menyangkut urusan finansial. Segala sesuatunya sudah via transaksi elektronik baik itu pendapatan (gaji PNS, uang makan, insentif, pendapatan lainnya) dan pengeluaran (transfer antar bank, pulsa listrik, paket internet, pajak, pembayaran lainnya).

Dalam bertransaksi elektronik saat ini daku menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM)  ataupun Internet Banking. Bila daku perhatikan baik itu teman-teman , rekan kerja, relasi dan keluarga dalam satu minggu belum tentu merekadatang/mengunjungi cabang bank. Saat ini sepertinya cabang bukan merupakan prioritas bagi manusia yang hidup di era digital untuk melakukan transaksi finansial. Sekalinya daku datang ke cabang bank karena ada nasabah lain yang salah transfer.

Tidak hanya menyangkut transaksi finansial, daku yang dibilang masuk dalam generasi milenial untuk mendapatkan informasi layanan perbankan sudah tidak lagi datang ke cabang Bank. Cukup dengan menggunakan jejaring informasi teknologi seperti website, social media dan mobile banking.

Berkoneksi Masa Depan Melalui New Website & Restrukturisasi Kanal Komunikasi

Sebagai seorang blogger dan penggiat social media serta pengguna layanan perbankan, daku mendapatkan invitation menyaksikan peluncuran komunikasi berbasis digital "Danamon Digital Journey" oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) pada hari Selasa, 26 September 2017. Sebuah penghormatan dan penghargaan yang luar biasa kepada kami Blogger Kompasiana (Kompasianers).

Deskripsi : Toni Darusman, Chief Marketing Officer Bank Danamon menjelaskan Danamon membangun kanal-kanal untuk mendekatkan pada generasi milenial I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Toni Darusman, Chief Marketing Officer Bank Danamon menjelaskan Danamon membangun kanal-kanal untuk mendekatkan pada generasi milenial I Sumber Foto : Andri M
Apa yang daku rasakan dan lakukan ternyata sesuai dengan dari pernyataan Toni Darusman, Chief Marketing Officer Bank Danamon dalam peluncuran kanal -- kanal komunikasi terbarukan salah-satunya corporate website baru www.danamon.co.id.

Toni menyampaikan "Generasi milineal sangat dekat dan akrab dengan kanal komunikasi digital seperti website dan media sosial. Bagi generasi milenial kanal komunikasi merupakan sarana interaksi yang tidak terpisahkan" ucapnya dalam acara peluncuran Coorporate Website yang diselenggarakan di Eighty Nine & Spritis Cafe, Kemang, Jakarta Selatan.

Toni menambahkan bahwa Danamon berkomitmen untuk terus meningkatkan efektivitas, kualitas serta kecepatan respons terhadap permintaan dan kebutuhan masyarakat. Salah satu caranya adalah melalui Danamon Digital Journey 18 -- Connecting Future yang meluncurkan Corporate Website baru dan restrukturisasi jumlah akun social media hanya enam saja.

Coorporate Website yang baru merupakan update teknologi informasi dengan menggunakan sistem dan platform baru, yaitu Site Core. Teknologi terbaru ini baru ini menghadirkan sistem navigasi dan desain yang bisa dibilang "Customer Journey" di mana web didesain untuk memudahkan nasabah dan pengunjung web untuk mendapatkan informasi terkait layanan, penambahan fitur termuktahir hingga penataan untuk kemudahan akses secara digital Bank Danamon. 

Sedangkan untuk media sosial yang hanya berjumlah enam saat ini, terdiri dari akun Twitter: @danamon, Facebook: Bank Danamon, Instagram: @myDanamon, LinkedIn: Bank Danamon dan YouTube: Bank Danamon serta akun Twitter @HelloDanamon untuk layanan nasabah.

Tidak hanya itu saja, Danamon juga meluncurkan persona Instagram baru, yang didasari oleh popularitas media sosial berlogo kamera ini di Indonesia. Pengguna aktif Instagram di dunia saat ini, 45 juta berasal dari Indonesia. Dimana sekitar 40% berusia 18-29 tahun yang merupakan generasi milenial yang dapat berpotensi menjadi nasabah Danamon.

Sehingga secara keseluruhan, saat ini Danamon meluncurkan Corporate Website dan persona Instagram baru untuk interaksi digital lebih cepat dan mudah bagi nasabah.

Kekuatan baru layanan Bank Danamon bagi nasabah diperkuat dengan media sosial secara internal menurut keterangan Toni. Penguatan ini melalui sebuah aplikasi bernama EAZY dari SAP. Aplikasi ini diperuntukan khusus bagi karyawan Danamon untuk mempermudah kolaborasi dan mendukung inovasi dari dalam Bank. Penggunaan EAZY ini diharapkan dapa tmeningkatkan kinerja karyawan Danamon dalam melayani nasabah.

Deskripsi : Garvasius Samosir, Country Head Solidance menyampaikan bagaimana cabang sudah bukan lagi prioritas untuk mendapatkan layanan perbankan I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Garvasius Samosir, Country Head Solidance menyampaikan bagaimana cabang sudah bukan lagi prioritas untuk mendapatkan layanan perbankan I Sumber Foto : Andri M
Di tempat dan acara yang sama Garvasius Samosir, Country Head Solidiance menegaskan "Generasi milenial merupakan generasi yang begitu tergantung dengan tehnologi komunikasi,untuk itu mereka mengharapkan transaksi perbankan tidak harus pergi ke bank.  Mereka pikir seharusnya bisa mendapatkan pelayanan perbankan atau bertransaksi melalui smartphone mereka saja" tegasnya dalam acara peluncuran Coorporate Website.

Saat ini banyak sekali keinginan generasi milenial ingin mendapatkan kemudahan mendapatkan layanan perbankan dalam genggaman (smartphone). Bahkan ketika akan membuka account di bank apabila ada pilihan maka mereka memilih tidak ke kantor cabang. Hadirnya kanal-kanal komunikasi Danamon menurut Garvasius untuk dapat menampung harapan para generasi milenial dan "Connecting Future" dalam pelayanan perbankan.

 

Deskripsi : Coorperate Website yang baru begitu mobile friendly dan lebih mirip seperti aplikasi mobile yang simple tetapi memiliki kelengkapan fitur dan konten I Sumber Foto : danamon.co.id
Deskripsi : Coorperate Website yang baru begitu mobile friendly dan lebih mirip seperti aplikasi mobile yang simple tetapi memiliki kelengkapan fitur dan konten I Sumber Foto : danamon.co.id
Daku ketika mengeksplore web Danamon terbaru setuju dengan yang disampaikan Isa Bustomi, Online Corp Comm Manager Danamon bahwa dengan Cooperate Website para nasabah akan mendapakan kenyamanan penggunaan web yang mobile friendly. Bagi nasabah yang terbiasa dengan desktop akan mendapatkan tampilan antar muka dengan banyak fitur.

Adapun bagi generasi milenial yang tidak bisa lepas dari gadget akan menikmati tampilan yang lebih simpel dan nyaman digunakan. Kalau tidak percaya, coba deh guy's cek disini gunakan via desktop dan smartphone agar kalian bisa melihat perbedaan dan sensasinya.

Mengenal Bank Danamon

Tak kenal maka tak sayang, yuks kita mengenal Bank Danamon yang pada tanggal 26 September 2017 menelurkan coorperate website baru, pengembangan struktur & formasi baru akun sosial media resmi Bank Danamon.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang berdiri sejak 1956, per 30 Juni 2017 mengelola aset sebesar Rp176 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance).

Dalam hal kepemilikan saham, 67,37% saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd., 6,57% oleh JPMCB-Franklin Templeton Investment Funds dan 26,06% dimiliki oleh publik. 

Danamon memiliki jaringan yang luas yang didukung oleh lebih dari 1.700 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan Danamon juga dapat diakses melalui Danamon Online Banking, aplikasi D-Mobile, D-Card, serta SMS Banking.

Deskripsi : Kartu Danamon Flazz merupakan e-money yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan daily I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Kartu Danamon Flazz merupakan e-money yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan daily I Sumber Foto : Andri M
Danamon merupakan satu-satunya penerbit kartu debit, kartu ATM dan Kartu Kredit Manchester United di Indonesia serta penerbit kartu kredit American Express. Dengan beragam produk keuangan seperti Danamon Lebih, Flexi Max, Tabungan Bisa iB, Dana Pinter 50, KAB Bisa, dan Asuransi Primajaga, Danamon siap melayani kebutuhan nasabah dari berbagai segmen.

Danamon meraih peringkat "Sangat Bagus" atas kinerja keuangan selama 15 tahun berturut-turut dalam ajang Infobank Awards 2017. Danamon juga menerima peringkat tiga Best Overall Performance dalam ajang Banking Service Excellence Awards 2017 oleh Marketing Research Indonesia (MRI) dan Infobank. 

Dalam skala internasional, Danamon dan Investree menerima penghargaan the Best Cash Management Solution Awards dalam kategori New Economic Solutions pada ajang The Asset Triple A -- Treasury, Trade, Supply Chain and Risk Management Award 2017.

-----ooo000ooo-----

Guy's, ada berita gembira bagi kalian yang suka mengeksplorasi smartphone dan gadget seperti foto dan video. Bank Danamon mempersembahkan #MomenKendali. Sebuah kompetisi photo & video di Instagram dengan menceritakan keseharian mu dalam semangat pegang kendali. Unggah photo/videopegangkendalimu sesuai tema bulanan, dan gunakan hashtag#MomenKendali#SaatnyaPegangKendali 

Ayo segera daftar dan sharepengalaman terbaikmu dan menangkan beragam hadiah menarik setiap bulannya! Informasi lebih lengkapnya bit.ly/momenkendali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun