Mohon tunggu...
Nuning Sapta Rahayu
Nuning Sapta Rahayu Mohon Tunggu... Guru - Guru Pendidikan Khusus/Narasumber GPK/Narasumber Praktik Baik IKM

Seorang Guru Pendidikan khusus yang aktif dalam kegiatan literasi, Organisasi Profesi dan berbagai kegiatan terkait Dunia Pendidikan Khusus dan Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Anak dengan Kebutuhan Komunikasi Kompleks dan Upaya Memfasilitasi Komunikasi bagi Mereka

26 Maret 2024   07:06 Diperbarui: 27 Maret 2024   07:30 396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ibu guru memberikan apresiasi bagi siswanya yang berkebutuhan khusus saat mengikuti berbagai lomba yang diadakan di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC), Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/8/2022). (KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA)

Dalam masyarakat, setiap anak memiliki hak yang sama untuk berkembang dan berkomunikasi. Namun, bagi anak-anak dengan kebutuhan komunikasi kompleks, proses ini dapat menjadi lebih menantang. 

Anak-anak dengan kebutuhan komunikasi kompleks menghadapi tantangan dalam mengekspresikan pikiran, kebutuhan, dan emosi mereka secara efektif. Ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti cerebral palsy, autis, atau gangguan perkembangan lainnya yang menyebabkan mereka tidak memiliki kemampuan bahasa baik reseptif maupun ekspresif yang membuat mereka amat kesulitan untuk berkomunikasi. 

Mereka membutuhkan dukungan dari orang tua, pendidik, terapis, dan profesional kesehatan untuk memfasilitasi komunikasi mereka.

Kebutuhan komunikasi kompleks anak-anak ini relevan di berbagai konteks, termasuk di rumah, di sekolah, di tempat perawatan kesehatan, dan dalam interaksi sosial sehari-hari. 

Perlunya fasilitasi komunikasi ini tidak terbatas pada waktu tertentu. Anak-anak ini memerlukan bantuan komunikasi sepanjang waktu untuk memenuhi kebutuhan mereka yang terus berubah.

Setiap anak berhak untuk berkomunikasi dengan dunia di sekitarnya. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif memungkinkan mereka untuk membangun hubungan, belajar, dan berpartisipasi dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

Ada berbagai cara untuk memfasilitasi komunikasi anak-anak dengan kebutuhan komunikasi kompleks. Ini termasuk penggunaan teknologi asistif seperti aplikasi komunikasi, papan lambang, bahasa isyarat, dan terapi komunikasi yang disesuaikan.

Dalam upaya untuk mendukung anak-anak dengan kebutuhan komunikasi kompleks, penting bagi kita semua untuk memahami bahwa setiap anak unik dan memiliki potensi untuk berkomunikasi. 

Dengan memberikan dukungan yang tepat dan melahirkan lingkungan yang inklusif, kita dapat membantu mereka mengatasi hambatan komunikasi mereka dan berkembang secara optimal.

Sebagai guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus dengan komunikasi kompleks, ada beberapa tantangan khusus yang perlu diatasi, bersama dengan upaya yang dapat dilakukan untuk membantu mereka berkomunikasi dan belajar, d iantaranya dengan memahami kebutuhan individual setiap anak, melakukan adaptasi kurikulum, memanfaatkan bahkan mengembangkan teknologi asistif dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun