Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Permainan Bola Kecil (Bulutangkis)

30 Juni 2021   13:12 Diperbarui: 30 Juni 2021   14:04 164 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Permainan Bola Kecil (Bulutangkis)
(Bulutangkis Dok: minews.id)

Masa pandemi covid -19 belum berakhir, oleh sebab itu kebijakan guru mengajar dari rumah (WFH) dan peserta didik belajar di rumah masing-masing (PJJ) mungkin masih akan berlanjut. Untuk mengantisipasinya, guru perlu menyiapkan materi ajar yang akan disampaikan pada tahun ajaran baru dengan melakukan pemetaan untuk memilih materi essensial yang akan diajarkan.

Untuk mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), salah satu materi ajar essensial yang perlu disampaikan kepada peserta didik adalah tentang permainan bola kecil (permainan bulutangkis). Teknologi yang digunakan sebagai media dalam proses belajar mengajar antara lain zoom meeting, google classroom, youtube dan ruang kelas kompasiana untuk memastikan pembelajaran tersampaikan dengan baik.

A. Sejarah Permainan Bulutangkis

Bulutangkis adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan. Permainan bulutangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar lapangan, di atas permukaan lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu.

Asal mula dari olahraga bulutangkis sampai kini masih diragukan. Salah satu permainan yang mirip bulutangkis dimainkan di China. Permainan ini juga telah ada pada sekitar abad ke-12, di lapangan olahraga Inggris. Di India olahraga ini dimainkan di Poona dan permainan ini dikenal dengan nama Poona.

Nama Badminton untuk bulutangkis berasal dari nama kota Badminton, dimana permainan ini pertama dikenal orang pada tahun 1870 dan dimainkan terbatas pada lingkungan aristokrat saja.

Peraturan permainan olahraga ini ditegaskan tahun 1877, diperbaharui tahun 1887 dan tahun 1890. peraturan permainan yang berlaku di IBF, yang didirikan tahun 1934, adalah penyempurnaan dari peraturan tahun 1890.

Kejuaraan All England pertama diadakan tahun 1897. Keberhasilan kejuaraan All England ini membuat Badminton terkenal ke seluruh Inggris bahkan sampai ke negara Eropa lain, hingga Kanada, Amerika Serikat dan Indonesia.

Piala Thomas adalah sumbangan dari Sir George Thomas untuk diperebutkan oleh anggota IBF pada tahun 1949. Sedangkan piala Uber disumbangkan oleh Mrs. HS Uber, pemain ganda putri terbaik saat itu, pada tahun 1950. Piala Thomas dan Uber ini diperebutkan setiap tiga tahun, kemudian berubah menjadi setiap dua tahun seperti yang berlaku sekarang. Pada tahun 1954, kejuaraan di Amerika Serikat merupakan pertandingan terbuka pertama yang mengizinkan pemain-pemain luar negeri untuk ikut bertanding.

 

B Perlengkapan dan Fasilitas Bermain Bulu Tangkis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN