Mohon tunggu...
RAHMA MAULIDIYAH
RAHMA MAULIDIYAH Mohon Tunggu... Dhea

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Mahasiswa KKN UM 2020 Ubah Hasil Panen Bawang Merah Desa Purworejo, Ngantang Jadi Inovasi Bawang Goreng Aneka Rasa

4 Juli 2020   22:23 Diperbarui: 4 Juli 2020   22:50 3 2 0 Mohon Tunggu...

Petani bawang merah sampai saat ini masih banyak yang memasarkan langsung dari hasil panennya tanpa diolah. Padahal, bawang merah bisa diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi bagi petani terlebih saat panen raya.

Produk olahan bawang merah yang sering dibutuhkan oleh masyarakat yakni bawang goreng. Umumnya, bawang goreng dijadikan bahan makanan pelengkap ataupun taburan ketika menikmati masakan. Bawang goreng sendiri sangat populer di Indonesia, sehingga prospek usahanya cukup menjanjikan.

Desa Purworejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang merupakan salah satu desa yang terkenal dengan hasil panennya berupa bawang merah. Hasil panen bawang langsung didistribusikan keluar kota untuk dijual kembali.

Warga Desa Purworejo sampai saat ini belum pernah memanfaatkan hasil panennya menjadi olahan pelengkap makanan yang bisa menjadi daya tarik masyarakat disekitarnya.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang 2020 berupaya memaksimalkan hasil panen bawang merah menjadi inovasi produk bawang goreng dengan berbagai macam rasa, sehingga dapat memikat hati pelanggan.

Salah satu program kerja Mahasiswa KKN UM Desa Purworejo 2020 ini berupa video tutorial pembuatan bawang goreng aneka rasa. Video tersebut berisi bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat bawang goreng aneka rasa. Serta, langkah-langkah pembuatan bawang goreng aneka rasa juga ditampilkan secara lengkap dan jelas.

Dari video tersebut, diharapkan warga Desa Purworejo dapat meningkatkan nilai jual hasil panen bawang goreng dan menambah inovasi untuk pengolahan hasil panen bawang goreng.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x