Mohon tunggu...
Rabiatun Adawiyah
Rabiatun Adawiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa universitas Aisyiyah Yogyakarta

Jalani saja sekenario hidup yang sudah di tentukan Allah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemanfaatan Internet Metode Perkuliahan Hybrid Universitas Aisyiyah Yogyakarta di Masa Pandemi

18 Januari 2022   11:26 Diperbarui: 18 Januari 2022   11:52 93 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah 2 tahun lamanya covid-19 melanda seluruh dunia, seperti yang dikabarkan covid 19 pertama kali terjadi di Wuhan China Tiongkok. Kemudian menyebar di Indonesia, semakin maraknya covid-19 yang menyebabkan dampak dari berbagai bidang terutama pada bidang perekonomian dan pendidikan. Untuk meminimalisir terjadinya covid19 yang semakin meluas perintah melakukan berbagai upaya mulai dari melaksanakan protokol kesehatan,Social distancing, PSBB, hingga melakukan vaksinasi.

Seperti yang dikatakan pendidikan mengalami dampak yang cukup tinggi sama seperti perekonomian Indonesia yang semakin menurun, untuk mengatasi perekonomian pemerintah mengadakan berbagai upaya seperti membagikan sembako dan lainnya.

Di mana dikatakan selain perekonomian,  covid 19 juga berdampak pada pendidikan, dan di mana pada sebelumnya pembelajaran dilakukan secara luring atau tatap muka, namun karena pada masa pandemi sistem pelajaran dilakukan secara daring atau secara online menggunakan aplikasi. https://www.unisayogya.ac.id/id/  melakukan metode hybrid yaitu gabungan dari belajar secara Daring dan luring.

Perkuliahan yang dilakukan secara daring dapat meminimalisir terjadinya penyebaran covid-19. Dengan berbagai teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun, membuat berbagai universitas berlomba-lomba melakukan cara mengajar dengan perspektif mungkin.

Salah satunya https://www.unisayogya.ac.id/id/ melaksanakan sistem pembelajaran hybrid, dimana sistem hybrid merupakan gabungan dari perkuliahan daring dan luring. Metode hybrid dilakukan untuk meminimalisir penyebaran covid-19.Sistem perkuliahan daring memanfaatkan akses internet dengan menggunakan berbagai aplikasi seperti media zoom,Google meet, Google classroom, e-learning, buku , video dll.

Pada metode ini tentu ada dampak positif dan negatifnya. Dari dampak positif dengan menggunakan metode ini https://www.unisayogya.ac.id/id/ dapat membantu pemerintah dalam menangani covid 19, namun adapun dampak negatifnya dapat membuat seseorang menjadi ketergantungan terus-menerus pada internet.

Tetapi pada masa pandemi penggunaan metode ini solusi yang tepat, dengan menggunakan metode ini https://www.unisayogya.ac.id/id/ Membantu pemerintah dalam menangani dan meminimalisir covid-19. Sebelum melakukan metode hybrid https://www.unisayogya.ac.id/id/ melakukan swab test kepada seluruh mahasiswa, mahasiswa yang akan melakukan pembelajaran menggunakan metode hybrid harus melakukan vaksinasi, dan mahasiswa yang hasil tes swabnya negatif bisa melakukan pembelajaran menggunakan metode hybrid.

Setelah dilakukan vaksinasi dan swab test https://www.unisayogya.ac.id/id/ tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak , tidak berkerumunan, selalu mencuci tangan saat akan masuk kelas, mengecek suhu , dan diberi hand sanitizer sebelum masuk ke dalam ruangan kelas.

Untuk memberikan pelajaran teori para dosen akan menggunakan aplikasi seperti zoom , classroom, Google meet, e-learning, video dan dan WAG. Sedangkan melakukan pembelajaran seperti praktikum akan dilakukan pembelajaran secara tatap muka atau luring.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan