Mohon tunggu...
qonita sholihah
qonita sholihah Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Mahasiswa uin malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

APE dalam Pembelajaran

20 September 2021   08:13 Diperbarui: 20 September 2021   08:17 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo teman-teman  semuanya ..? alhamdulillah  kita kembali lagi dengan artikel saya yang insyaallah akan selalu bermanfaat bagi kita semua nya khususnya bagi yang membaca pada pertemuan minggu lalu kita sudah sama-sama  belajar tentang apa itu alat permainan edukatif masih ingatkah teman-teman..? 

APE dalam perkembangan anak usia dini sangat lah berpengaruh dan mampu membantu perkembangan anak karena di dalam alat permainan edukatif  terdapat permainan yang mampu mengasah sensori  motorik kasar dan halus anak, sosial dan komunikasi anak akan semakin meningkat, atau pun bahkan dalam pola berfikir ya dimana anak akan merasa senang dan nyaman dalam permainan  tersebut .

pembelajaran bagi anak usia dini merupakan suatu arah dalam mendapatkan ilmu bagi anak-anak  dimana guru, orang tua, pengasuh memberikan pembelajaran yang bermacam-macam  caranya dan bermacam-macam  media nya biasanya kita sering sekali melihat bahwa guru memberikan media-media seperti belajar sambil bermain, belajar sambil menonton video atau mendengarkan musik dan lain sebagainya, APE  adalah suatu media pembelajaran juga yang mampu mengubah suasana anak dalam belajar karena di dalam pembelajaran ini kita akan bermain dengan senang dan sudah mampu mencangkup dari 6 aspek perkembangan anak, adapun manfaat alat permainan edukatif dalam pembelajaran yaitu  dalam pembelajaran lebih menarik dan adanya suasana baru sehingga anak merasa senang dan mampu menerima ilmu dengan senang hati, APE  media pembelajaran yang mampu mengatasi perbedaan pengalaman  belajar anak dari latar belakang sosial  ekonomi, mampu mengembangkan dan memitarkan fikiran anak dalam pemikiran yang positif, dan membantu menumbuhkan kemampuan anak untuk berusaha mempelajari sendiri berupa kenyataan  dan pengalaman nya ini merupakan manfaat permainan edukatif dalam pembelajaran nyatanya di dalam sekolah TK sudah banyak yang memediakan  alat permainan edukatif  sebagai pembelajaran dan hasilnya mampu meningkatkan  semangat anak dalam pembelajaran tersebut dan tentunya juga mampu membantu guru, orang tua, pengasuh, lebih semangat dalam menyampaikan pembelajaran dan alat permainan edukatif yang  mampu dikembangkan memiliki  banyak fungsi untuk mendukung dalam proses pembelajaran nya dan fungsinya adalah : 

1. membantu menciptakan situasi bermain atau belajar dengan menyenangkan 

2. membantu menumbuhkan rasa percaya diri dan membentuk diri yang positif yang mana misal  biasanya anak bermain menata balok atau bentuk-bentuk lain nya itu harus ada rasa percaya diri jika anak tidak mempunyai  perasaan seperti itu maka akan menjadi  malu dalam bermain sehingga tidak ada nya perkembangan yang berkembang 

3. memberikan stimulus dalam pembentukan perilaku dan pengembangan  kemampuan dasar anak seperti motorik halus dan kasar 

4. memberikan kesempatan anak untuk bersosialisasi dengan teman-teman nya karena di dalam bermain tentunya adanya kontak komunikasi dengan sesama teman 

namun terdapat pendapat lain dari manfaat lain yang di kemukakan oleh Nurlaili 2018 yaitu : 

1. melatih menampung motorik anak halus dan kasar anak biasanya dalam meraba, menarik, melempar, mengangkat  dan lain sebagainya 

2. melatih konsentrasi  anak misalnya dalam bermain puzzle

3. mengenalkan konsep sebab akibat dari bentuk mainan dengan dua ukuran yang berbeda seperti besar kecil, kotak bulat dan segitiga 

4. melatih wawasan dalam berbahasa dan bicara 

5. mengenalkan konsep warna dan bentuk 

didalam pembelajaran  terdapat banyak tujuan alat permainan edukatif dalam pembelajaran seperti memberikan motivasi anak untuk mampu bereksperimen dan berexsplor ,guru dalam penyampaian materi pun akan jelas sehingga anak mampu memahami dan didalam pemberian alat permainan edukatif tentunya  juga harus sesuai dengan usia anak contoh kecil ketika anak berusia 3-4 tahun dalam pemberian permainan nya tingkat kesulitan nya sangat rendah dan ketika anak berusia 5-6 tahun tingkat kesulitan anak meningkat nah dengan adanya kesesuaian ini maka didalam bermain  pun anak mampu menikmati dan mempelajari pembelajaran dengan baik dan mampu mengembangkan 6 aspek perkembangan anak usia dini.

Bentuk alat permainan edukatif harus mampu sesuai dengan kriteria yang sudah ada di Indonesia peraturan permainan dari pemerintah yaitu peraturan Menteri Nomor 55/M-IND/PER/11/2013 tentang pemberlaukan SNI secara wajib dan peraturan direktur Jendral Basis Indrustri pemberitahuan dan pengawasan penerapan SNI Mainan secara wajib dengan adanya peraturan ini maka alat permainan edukatif anak harus mampu uji lolos  oleh SNI selain sudah lolos uji seorang guru juga harus mampu memperhatikan persyaratan nya yaitu :

1. syarat edukatif  didalam syarat ini harus mampu sesuai dengan program pendidikan dan proses kegiatan belajar mengajar 

2. syarat teknis harus di buat secara tujuan fungsi agar tidak menimbulkan kesalahan dalam konsep nya , APE harus mampu mempunyai penilaian yang multi guna, APE juga mampu di buat dengan barang bekas, APE mempunyai kemanan yang baik dan fungsi yang baik sehingga anak tidak akan terluka  dan mudah di pakai oleh anak usia dini 

3. syarat estetika  di dalam syarat ini bernilai dalam bentuk keindahan dan kemenarikan alat permainan tersebut karena dengan adanya bentuk dan warna yang menarik maka anak akan semakin menarik dalam memainkan nya. 

dari penjelasan di atas mampu di simpulkan bahwa APE dalam pembelajaran berdampak positif dan mampu mempermudah pemebalajran selain itu permainan nya pun harus sesuai dengan peraturan yang sudah di sesuaikan dengan peraturan di Indonesia dan guru harus mampu mengetahui kegunaan APE yang baik dan dalam pembuatan nya harus mampu memperhatikan kegunaan nya dan kenyamanan nya . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun