Mohon tunggu...
haris krisantono
haris krisantono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang guru sekolah dasar di kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Sebuah sekolah yang berada di lereng Gunung Merbabu. Saya sedang menempuh studi Magister Pendidikan di Universitas Terbuka. Lulusan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Boyolali. Pendiri Yayasan Pendidikan Non Formal di Kota Surakarta. Hobi saya menulis dan bersemngat dalam mengebangkan kompetensi dan wawasan. Karakater Ceria dan apa adanya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Eksistensi Guru Penggerak dalam Pembelajaran Abad 21

10 April 2024   05:00 Diperbarui: 10 April 2024   05:03 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi (Kegiatan Lokakarya PGP Angkatan 8 Kabupaten Boyolali)

Salah satu seri merdeka belajar kemdikbudristek adalah Guru Penggerak. Program ini diharapkan mampu melahirkan para guru yang mampu mentransformasikan pendidikan di Indonesia yang mendukung tumbuh kembang peserta didik  secara menyeluruh sehingga menjadi peserta didik berkarakter Profil Pelajar Pancasila.  

Selain itu Guru Penggerak juga disiapkan menjadi pemimpin pembelajaran. Hal ini dikarenakan dalam pendidikan guru penggerak fokus terhadap pengembangan kompetensi pedagogi yang berpusat pada peserta didik secara menyeluruh serta kompetensi kepemimpinan yang mengembangkan budaya kolaborasi. 

Pembelajaran abad ke-21 menekankan pada pengembangan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan zaman modern dan mempersiapkan siswa untuk menjadi warga global yang berdaya saing di era digital. Untuk mencapai hal tersebut maka peranan guru penggerak dalam pembelajaran sangatlah penting antara lain sebagai berikut: 

1. Fasilitator Pembelajaran Aktif

Guru penggerak tidak hanya menyampaikan informasi kepada siswa, tetapi juga memfasilitasi proses pembelajaran yang aktif. Mereka mendorong diskusi, kolaborasi, dan eksplorasi aktif materi pembelajaran oleh siswa.

2. Mendorong Keterlibatan Siswa


Guru penggerak menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran mereka. Mereka menggunakan berbagai strategi pengajaran yang menarik dan relevan untuk memicu minat siswa dan menginspirasi keterlibatan mereka.  

3. Menyediakan Dukungan Individual 

Guru penggerak memahami kebutuhan individual dan gaya belajar siswa mereka. Mereka menyediakan dukungan yang diperlukan bagi siswa untuk mencapai potensi mereka secara penuh, baik itu dalam hal bimbingan akademis, dukungan emosional, atau pemecahan masalah melalui pendekatan segitiga restitusi yang dipelajari dalam masa pendidikan guru penggerak.

4. Mendorong Kreativitas dan Inovasi

Guru penggerak mendorong siswa untuk berpikir kreatif, menjelajahi ide-ide baru, dan mengembangkan solusi inovatif untuk masalah. Mereka menciptakan lingkungan di mana gagasan-gagasan baru didorong, dan kesalahan dianggap sebagai bagian alami dari proses pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun