Mohon tunggu...
Qanita Zulkarnain
Qanita Zulkarnain Mohon Tunggu... Lainnya - Magister Psikologi

Psychology Undergraduate and Psychometrics Graduate.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

10 Cara Efektif Menghadapi Kritik dan Bertumbuh Menjadi Lebih Baik

8 Januari 2024   14:34 Diperbarui: 16 Januari 2024   00:00 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Saat kita memasuki halaman baru di tahun baru, wajar saja jika kita merenungkan hidup kita dan berniat untuk menjadi lebih baik. Dalam semangat menyambut tahun baru ini, mari kita pelajari seni menghadapi kritik -- sebuah keterampilan yang dapat mendorong kita maju menuju perbaikan diri.

Selamat datang di perjalanan pertumbuhan dan pengembangan diri.

Kritik adalah aspek kehidupan yang tak terelakkan, dan mempelajari cara menanganinya sangatlah penting untuk pertumbuhan dan kesejahteraan pribadi. Dari sudut pandang psikologis, cara kita menanggapi kritik dapat berdampak besar pada kesehatan mental dan emosional kita.

Kritik tidak selalu baik dan tidak selalu mudah diterima. Bisa jadi karena cara menyampaikannya, kondisi kita saat menerima kritik tersebut, atau hal yang dikritik katena kritik sering kali menantang kita untuk menghadapi kelemahan kita atau hal-hal yang tidak kita banggakan. 

Kalau saya pribadi, jujur yang membuat saya sering sulit menerima kritik adalah karena ego saya menolak untuk dianggap ada yang kurang karena saya selalu mengusahakan kemampuan terbaik saya. 

Kalau saya bersikeras mempertahankan ego saya, saya tidak akan berkembang, atau perkembangan saya tidak akan sebaik jika saya menerima kritik dan menjadikannya sarana untuk belajar dan memperbaiki diri.

Tapi... kan tidak semua kritik itu baik dan membangun?

Tapi... kan kita juga tetap harus bisa mempertahankan maunya ego dan jangan 100% terbawa kritiknya orang lain terus?

Tapi... kan kenyataannya juga kita tidak selalu salah dan kritik juga tidak selalu benar?

Lalu bagaimana kita menghadapi kritik yang diberikan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun