Mohon tunggu...
Putri Amalia
Putri Amalia Mohon Tunggu... Putri Amalia

Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja terhadap Bahasa Indonesia

22 Juni 2021   12:25 Diperbarui: 22 Juni 2021   12:39 79 1 0 Mohon Tunggu...

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang artinya tidak bisa hidup individual dan membutuhkan keluarga,teman dan orang sekitar.Tentu sebagai makhluk sosial ini wajib untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain dengan menggunakan Bahasa.Apa itu Bahasa? Yuk kita pelajari lebih lanjut.

Bahasa adalah kemampuan yang dimilki manusia untuk bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan.Kajian ilmiah Bahasa disebut ilmu linguistik.Perkiraan jumlah Bahasa di dunia beragam antara 6.000-7.000 bahasa.

Menurut para ahli psikologi Bahasa adalah satu sistem kognitif manusia yang unik dan dapat dimanipulasi oleh manusia untuk menghasilkan sejumlah kalimat Bahasa linguistik yang tidak terbatas jumlahnya berdasarkan unsur unsur yang terbatas untuk dipakai oleh manusia sebagai alat berkomunikasi dan mengakumulasi ilmu pengetahuan.

Fungsi utama Bahasa adalah sebagai alat komunikasi manusia satu dengan yang manusia lannya.Tetapi ada juga beberapa fungsi utama Bahasa dalam kehidupan kita.Dibawah ini merupakan beberapa fungsi Bahasa tersebut :

1. bahasa sebagai alat ekspresi diri 

sejak kecil manusia menggunakan bahasa sebagai sarana untuk mengungkapkan dan mengekspresikan diri kepada orang tua dan sekitarnya.

2.bahasa sebagai alat komunikasi

seperti yang disebutkan sebelumnya, Bahasa dipakai untuk menyampaikan maksud tertentu agar bisa dipahami oleh orang lain.

3.bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial

Saat beradapatsi di lingkungan sosial baru, setiap orang akan memilih Bahasa yang digunakan tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi.Hal ini agar ia mudah beradaptasi dan terintegerasi dengan lingkungan sosial tersebut.

4.bahasa sebagai identitas suatu suku/bangsa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN