Mohon tunggu...
Putri Fitria
Putri Fitria Mohon Tunggu... Mahasiswi jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Kelompok KKN-DR 91 UINSU

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Millenial Mesti Paham Financial Planning

13 Agustus 2020   09:53 Diperbarui: 13 Agustus 2020   10:57 80 1 0 Mohon Tunggu...

Belakangan ini, generasi millenial menjadi topik yang hangat di bicarakan di kalangan masyarakat. Tidak hanya dari segi pendidikan dan teknologi, tetapi juga prilaku mellenial yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Millenial atau sering disebut generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah generasi X. Mereka lahir pada kisaran 1980 hingga 2000-an.

Kamu generasi millenial ? , Udah paham belum apa itu financial planning ?, financial planning adalah metode mengelola keuangan dengan baik agar tercapai tujuan fianancial yang diinginkan . Sebagai generasi millenial sudah seharusnya kita memiliki financial planning yang baik .

Gaya hidup generasi millenial pada saat sekarang ini yang tidak dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan menjadi masalah tersendiri bagi mereka saat melakukan perencanaan keuangan.

Kamu bisa memulai financial planning  dengan membuat  beberapa perencanaan seperti :

Buat Skala Prioritas Yang Ingin Dicapai Dalam Jangka Panjang Maupun Jangka Pendek.

Dengan membuat skala prioritas yang ingin kamu capai  dalam jangka panjang maupun jangka pendek akan memudahkan kamu untuk dapat menentukan keinginan mana yang mesti  dicapai terlebih dahulu.

Lakukan Pemisahan Pendapatan Dengan Metode 50-20-20-10

Lakukan pemisahan pendapatan dengan mengunakan metode 50-20-20-10, yaitu 50% digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 20% digunakan untuk membayar hutang , 20% digunakan untuk investasi , kemudian 10% digunakan untuk dana darurat.

Investasi yang dapat dilakukan seperti emas, saham,resakdana, obligasi, dan dll. Tentunya para generasi millenial bisa memilih investasi yang sesuai dengan gaya para millenial.

Generasi millenial sebaiknya memiliki dana darurat yang dapat digunakan di situasi-situasi financial yang tidak terduga kedepannya. Penting bagi millenial memiliki dana darurat dalam financial planning.

Pemisahan pendapatan ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi financial masing-masing para millenial

Buat Pencatatan Pemasukan Dan Pengeluaran Setiap Bulannya

Mungkin sebagian millenial menganggap hal ini kurang penting untuk dilakukan , tetapi melakukan pencatatan dan pengeluaran setiap bulannya sangat penting untuk dilakukan agar millenial dapat mengetahui kemana saja uang yang telah digunakan . Apakah lebih banyak untuk memenuhi gaya hidup atau memang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Hindari Hutang-Hutang Yang Berbunga Tinggi

Sebaiknya millenial menghindari hutang-hutang yang berbunga tinggi dan tidak produktif seperti kartu kredit. Sering kali para millenial  menggunakan kartu kredit hanya untuk memenuhi gaya hidup saja . Sebaiknya millenial menggunakan kartu kredit seperlunya saja sehingga tidak membebani  kondisi financial millenial.

Hindari Berperilaku Boros

 Seringkali para millenial berperilaku boros di karenakan gaya hidup maupun pergaulan , tentunya hal ini tidak akan baik terhadap kondisi keuangan millenial. Millenial harus mulai berperilaku hidup hemat agar financial planning  yang dilakukan dapat berjalan baik. Beperilaku hemat bukan berarti pelit akan tetapi lebih memperioritaskan kebutuhan dari pada gaya hidup.

Terakhir pastikan yang telah kamu lakukan sesuai dengan financial planning yang telah kamu buat , agar kamu dapat mencapai tujuan financial yang kamu inginkan.




Referensi: [1] [2]

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x