Kata UMKM dan kata Akuntansi sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun apa yang dimaksud dengan UMKM dan akuntansi? Apakah keduanya terkait? Lantas apakah akuntansi punya peran di UMKM?
Pengertian dan Peran UMKMÂ
UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UMKM adalah usaha produktif yang dijalankan oleh masyarakat baik perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria.UMKM sendiri memiliki peran sebagai pembuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat.Selain itu UMKM juga memiliki peran sebagai sarana bagi masyarakat untuk menjalankan ekonomi
Pengertian  UMKMÂ
Menurut Peraturan Pemerintahan Nomor 7 Tahun 2021 pengertian dari kriteria UMKM dan pemenuhan kriteria adalah sebagai berikut.
Usaha Mikro
Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah.Usaha mikro adalah usaha yang modal nya paling banyak satu miliar rupiah serta hasil dari penjualan tahunan paling banyak dua miliar rupiah.
Usaha Kecil
Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil .Usaha kecil adalah usaha yang modal usahanya paling banyak lima miliar rupiah dan hasil penjualan tahunan paling banyak lima belas miliar rupiah.
Usaha Menengah
Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Menengah.Usaha menengah adalah usaha yang modal nya tidak lebih dari sepuluh miliar dan paling banyak hasil penjualan tahunannya adalah lima puluh miliar rupiah.
Pengertian Akuntansi
Akuntansi adalah kegiatan dalam mengidentifikasi,mencatat,mengolah dan menyajikan transaksi keuangan menjadi informasi keuangan.Informasi keuangan tersebut biasanya berbentuk Financial Statement atau Financial Report.Informasi keuangan ini nantinya akan menjadi titik tumpu untuk para petinggi atau pemilik usaha untuk membuat keputusan terkait bisnis atau usahanya.Keputusan tersebut biasanya akan digunakan untuk menghadapi masalah atau untuk mengembangkan usaha dari bisnis tersebut berkembang.
Menurut para ahli seperti Bastian dan Suharjono (2006), akuntansi adalah seni mencatat, mengklasifikasikan dan merangkum transaksi dan peristiwa keuangan secara bermakna dan moneter serta investasi yang dihasilkan.Â
Sedangkan menurut Zaki Baridwan (2000), akuntansi diartikan sebagai suatu kegiatan jasa, fungsinya menyediakan data kuantitatif, terutama keuangan, dari suatu usaha ekonomi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan.Keputusan ekonomi bertujuan untuk mempunyai alternatif dalam situasi tertentu.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa akuntansi sangat dibutuhkan untuk membuat informasi keuangan yang akan dijadikan tumpuan dalam membuat keputusan situasi bisnis.
Apa penting nya Akuntansi bagi pelaku umkm?
Seperti kita ketahui, UMKM di Indonesia merupakan salah satu penopang perekonomian dan selalu bertahan dalam krisis ekonomi. Jumlah UMKM terus meningkat setiap tahunnya, namun peningkatan dalam aspek finansial sangat minim. Kenapa begitu? Karena banyak UMKM yang belum mengetahui pentingnya pengelolaan akuntansi atau pelaporan keuangan bagi pertumbuhan usahanya.
Akuntansi atau pencatatan keuangan adalah salah satu hal yang penting bagi sebuah usaha.Hal ini harus diperhatikan oleh pemilik usaha untuk mengembangkan usahanya.Selain untuk mengembangkan usaha, masih ada keuntungan lain pengunanaan akuntansi untuk usaha UMKM.
Membantu pelaku UMKM mengetahui aliran uang tunai selama periode tertentu
Akuntansi membantu dalam perencanaan keuangan jangka panjang dan jangka pendek.Dengan akuntansi UMKM dapat melihat catatan keuangan dan melihat  bagaimana aliran uang tunai di periode sekarang atau dapat memproyeksi aliran uang tunai di masa depan yang akan berjalan.Hal ini membantu pelaku UMKM mengambil keputusan seperti pengendalian biaya atau pengelolaan utang.
Pelaku UMKM dapat mengetahui kinerja keuangan usaha
Pelaku UMKM dapat melihat bagaimana kinerja keuangan usaha dari laporan keuangan periode tertentu.Dari laporan tersebut dapat diketahui apakah kinerja keuangan usaha mengalami penurunan atau peningkatan.Hal ini tentu akan membantu pelaku UMKM untuk merencanakan langkah selanjutnya untuk mengatasi penurunan atau peningkatan kinerja keuangan usaha.
Pelaku UMKM dapat mengidentifikasi harta perusahaan atau harta pemilik
Akuntansi akan membantu pelaku UMKM untuk mencatat bagian harta perusahaan dan harta pemilik.Harta perusahaan seperti aset dan juga harta pemilik seperti modal pemilik akan dicatat atau disajikan secara terpisah.Hal ini akan berguna agar antara harta perusahaan dengan pemilik tidak bercampur,sehingga pemilik tidak akan mengganggu gugat harta selain harta pemilik.
Pelaku UMKM dapat merencanakan anggaran dengan tepat
Dengan akuntansi pelaku UMKM akan mengetahui laba atau rugi usaha nya. Hal ini akan berguna ketika pemilik usaha UMKM merencanakan besaran anggaran yang dibutuhkan. Pemangku kepentingan UMKM dapat mengalokasikan anggaran yang mencakup seluruh biaya yang diperlukan dan sesuai dengan kemampuan mereka untuk menjalankan bisnis secara efektif.
Sebagai acuan untuk pengambilan keputusan
Akuntansi memegang peranan penting sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Akuntansi menyediakan data yang akurat, analisis kinerja keuangan bisnis, pengendalian biaya dan lain-lain. Faktor-faktor tersebut tentunya akan sangat membantu para pemangku kepentingan UMKM ketika harus mengambil keputusan dalam mengembangkan usahanya. Seperti keputusan mengenai jenis barang apa yang harus diproduksi dan dijual kembali atau keputusan ketika perusahaan sedang mengalami krisis.
Dapat disimpulkan bahwa Akuntansi atau laporan keuangan sangat diperlukan pelaku UMKM demi berkembangnya usaha tersebut.Tidak bisa kita pungkiri bahwa para pelaku UMKM harus sudah menerapkan akuntansi khusus nya pencatatan demi berkembang nya usaha mereka.Dan agar semua hal mengenai keuangan usaha tersebut dapat tertata dan terstruktur.Â
Daftar Putaka
Utami,NoviaWidya.(2023,02 Juli).Apa Manfaat Penerapan Akuntansi Bagi Bisnis UKM Indonesia?.https://www.jurnal.id/id/blog/manfaat-akuntansi-bagi-ukm/
Indonesia.Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan,dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6619.Seketariat Negara.Jakarta.
Dinarti.2015.Studi Peneraparan Pencatatan keuangan Bagi Usaha Kecil menengah (UKM)-Studi kasus Pada Usaha Warnet di Kota Tengah.Pasir Pengaraian.Neliti. Â
Farhan,2020.Muhammad.Pengenalan Akuntansi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kota Daro, Kabupaten Ogan Ilir.Sumatera Selatan.Netili