Mohon tunggu...
Putri SeptaAndina
Putri SeptaAndina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Nama : Putri Septa Andina

Allah swt

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendidikan di Masa Pandemi Covid 19

1 Agustus 2021   23:36 Diperbarui: 1 Agustus 2021   23:44 27 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan di Masa Pandemi Covid 19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kapan sekolah akan di buka kembali? Jawabannya adalah mungkin jika wabah pandemi sudah berakhir. Indonesia termasuk negara yang tinggi dengan tingkat penularan dan angka kematian dikarenakan virus Covid 19 yang mulai bermutasi menjadi varian-varian baru. Proses belajar dan mengajar di indonesia juga di lakukan dengan metode daring.

Pembelajaran dengan metode daring merupakan suatu tantangan tersendiri bagi para siswa/siswi, mahasiswa, guru, dosen dan yang lainnya untuk dapat memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk melakukan pembelajaran.Beberapa tantangan yang sering di hadapi dalam pembelajaran daring adalah jaringan internet yang lambat, terbatasnya akses ke perangkat komputer dan smartphone, banyaknya gangguan di rumah, kurangnya pemahaman orang tua murid dalam menjalankan proses daring dengan background orang tua yang berbeda-beda.

Maka dari itu pendidikan di masa pandemi ini mengharuskan untuk menjadi lebih pintar dalam menggunakan teknologi agar proses belajar dan mengajar bisa efektif dan efisien meskipun pandemi covid 19 belum berakhir.

Pada masa pandemi ini juga memberikan tantangan tersendiri bagi para siswa/i maupun mahasiswa karena kita di tuntut untuk berkreatifitas terhadap penggunaan teknologi.

Sistem pembelajaran jarak jauh ini juga memungkinkan akan timbul beberapa permasalahan dan pandemi covid 19 telah memunculkan ide ide baru seperti menemukan kreativitas baru dan menghadirkan proses pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Teknik pembelajaran ini penting dievaluasi sesuai dengan kondisi setempat mengingat sebaran fasilitas dan kemampuan orang tua memberikan fasilitas pembelajaran online kepada peserta didik di indonesia. Internet  tidak lagi hanya digunakan oleh siswa/i maupun mahasiswa sebagai sarana hiburan atau bermain media sosial tetapi juga digunakan untuk mendapatkan informasi tentang pelajaran yang diajarkan.

Pada pembelajaran jarak jauh,teknologi menjadi kunci keberlangsungan PJJ yang dapat menjadi penghubung antar pengajar dan pembelajar yang tersekat dengan jarak.Selain itu,banyak nya  kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah pada masa pandemi covid 19

Meskipun keadaan pembelajaran yang dilakukan sekarang tidak seperti sebelumnya akan tetapi hal ini tidak boleh mempengaruhi hasil belajar para peserta didik.

Hasil belajar adalah sesuatu yang dicapai dalam proses belajar dan mengajar yang ditandai dengan perubahan pada diri pelajar baik itu perilakunya,pengetahuannya,keterampilan dan pengalamannya.Hasil belajar disekolah itu sedikit berbeda dengan hasil belajar saat dirumah,sebab saat ini sudah setahun lebih kita belajar di rumah akibat masa pandemi,oleh karena itu kita harus punya semangat yang tinggi agar belajar dari rumah tidak membosankan.

Mahasiswa sebagai komunitas belajar yang jauh lebih mandiri mengekspresikan pendapat,sikap dan perilaku lebih produktif.Rangkaian perkuliahan dimediasi melalui berbagai aplikasi berbasis digital,kompetensi mahasiswa otomatis mengalami peningkatan dalam kompetensi Teknologi Informasi yang lebih mapan karena tuntutan rangkaian aktivitas yang di dominasi dengan media digital.

Kondisi pembelajaran pada masa pandemi ini harus dapat dimanfaatkan dengan perubahan pola pikir,pola belajar yang lebih bermakna sehingga ketakutan dalam menyikapi masa pandemi ini dapat dimaksimalkan dengan produktivitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x