Mohon tunggu...
Pujianti Lestari
Pujianti Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman di Universitas Pendidikan Indonesia.

Minat terhadap bahasa, musik, dan juga film.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Literasi Numerasi Mengenal Angka dengan Fun Learning

27 September 2021   02:00 Diperbarui: 27 September 2021   02:05 112 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Literasi Numerasi Mengenal Angka dengan Fun Learning
KKN Tematik UPI 2021: Literasi Numerasi Mengenal Angka dengan Fun Learning

Sejak diberlakukannya peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah, beberapa instansi pendidikan formal maupun informal harus melakukan pembelajaran secara daring atau tatap maya.  Hal ini guna mencegah dan mengurangi risiko terpaparnya virus Covid-19 di daerah Jawa-Bali. Beberapa tenaga pendidik masih mengalami kesulitan dalam peralihan kegiatan pembelajaran tatap muka menjadi online. Sehubung dengan hal tersebut, mahasiswa KKN UPI berpartisipasi dalam membantu pelaksanaan pembelajaran daring di TK Risanti IV Meruya Selatan, kota Jakarta Barat. 

Penggunaan media Google Meet dan Powerpoint memfasilitasi pembelajaran daring di TK Risanti IV. Hal ini bertujuan agar para murid mampu menguasai penggunaan media digital dan meningkatkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap teknologi. Tema pembelajarannya terkait literasi numerasi dengan cara mengenalkan angka. Para murid menghitung gambar yang sudah disediakan dalam PPT kemudian memberi tahu berapa banyak gambar yang tersedia.

KKN Tematik UPI 2021: Literasi Numerasi Mengenal Angka dengan Fun Learning
KKN Tematik UPI 2021: Literasi Numerasi Mengenal Angka dengan Fun Learning

Selain itu, guru berperan penting dalam melatih kemampuan berpikir dan kreatifitas murid untuk mengenal angka dengan mengajak membuat angka dari plastisin. Pengenalan angka dengan metode ini dapat membuat para murid tertarik untuk mempelajari hal baru dengan menyenangkan.

Media plastisin dapat melatih sekaligus mengembangkan kreativitas anak. Sebab, dengannya anak dapat melakukan aktivitas eksplorasi dalam membuat berbagai bentuk model secara bebas dan spontan Media plastisin merupakan bahan pokok untuk bermain anak usia dini selain itu, plastisin juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan bagi anak. Kegiatan bermain plastisin ini dilakukan dengan cara membentuk, mewarnai dan mewarna sehingga menimbulkan bentuk. Media plastisin ini membuat anak suka berkreasi sehingga dapat mengembangkan kreativitasnya. Anak dilatih untuk menggunakan imajinasi untuk membuat atau menciptakan suatu bangunan atau benda sesuai dengan khayalannya seperti angka, abjad, binatang dan lain-lain. (Ismail, dikutip dalam Sujarwo, 2014). 

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan