Mohon tunggu...
Agung Christanto
Agung Christanto Mohon Tunggu... Guru - guru SMA

Bimantara:Dari nol belajar Menggali dari pengalaman pribadi yang menginspirasi untuk sesama:demah

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

(Catatan Pribadi Guru): Melangkah Maju dengan Literasi

5 Maret 2024   14:12 Diperbarui: 5 Maret 2024   14:16 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Catatan Pribadi Guru: Melangkah Maju dengan Literasi: Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Berpikir Kritis di SMA
Topik: Melangkah Maju dengan Literasi: Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Berpikir Kritis di SMA


Refleksi:
Sebagai guru SMA, saya prihatin dengan rendahnya tingkat literasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Banyak siswa yang kesulitan memahami teks bacaan yang kompleks, menganalisis informasi, dan menyimpulkan argumen. Hal ini menghambat mereka dalam belajar dan mencapai potensi penuh mereka  

Hari ini, saya merenungkan perjalanan kami dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan berpikir kritis di kelas SMA. Sudah beberapa bulan kami fokus pada pembelajaran literasi, memperkenalkan berbagai strategi membaca kritis dan mendorong siswa untuk bertanya lebih dalam tentang teks yang mereka baca. Saya merasa senang melihat perkembangan mereka, tetapi juga menyadari masih banyak tantangan yang harus diatasi.

Praktik Baik:
Salah satu praktik baik yang telah kami lakukan adalah dengan memperkenalkan siswa pada beragam jenis teks, mulai dari artikel berita hingga cerpen dan esai. Kami juga mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam diskusi kelompok, di mana mereka dapat saling berbagi pemahaman dan pandangan mereka tentang teks yang dibaca. 

Selain itu, kami mengintegrasikan kegiatan menulis reflektif sebagai bagian dari proses pembelajaran, yang membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka. Untuk meningkatkan literasi dan kemampuan berpikir kritis siswa, saya telah menerapkan beberapa praktik baik, seperti:

*Membuat program membaca: Saya mendorong siswa untuk membaca buku dan artikel berkualitas tinggi. Saya juga menyediakan waktu di kelas untuk membaca dan mendiskusikan teks bersama.

*Mengajarkan strategi membaca: Saya membantu siswa mempelajari strategi membaca yang efektif, seperti skimming, scanning, dan summarizing.

*Memberikan tugas-tugas yang mendorong berpikir kritis: Saya merancang tugas-tugas yang mengharuskan siswa untuk menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan menghasilkan ide-ide mereka sendiri.

*Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif: Saya menciptakan lingkungan belajar yang aman dan suportif, di mana siswa merasa nyaman untuk bertanya dan berbagi ide.

Evaluasi:
Dalam mengevaluasi kemajuan siswa, saya menggunakan berbagai metode, termasuk tes tulisan, proyek penelitian kecil, dan diskusi kelas. Saya juga mengamati partisipasi mereka dalam kegiatan kelas dan kualitas tanggapan mereka terhadap pertanyaan kritis. 

Meskipun ada beberapa siswa yang menunjukkan peningkatan yang signifikan, masih ada yang memerlukan dukungan tambahan dalam mengembangkan ketrampilan membaca dan berpikir kritis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun