Mohon tunggu...
Probiogum
Probiogum Mohon Tunggu... Permen Gummy mengandung Probiotik

Probiogum merupakan Permen Gummy mengandung Probiotik untuk Meningkatkan Sistem Imun Anak Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tim MYCO Biologi UNJ Luncurkan Produk Probiotik Berbentuk Permen Gummy Dalam Program PKM-K 2020

12 September 2020   13:49 Diperbarui: 12 September 2020   19:57 272 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tim MYCO Biologi UNJ Luncurkan Produk Probiotik Berbentuk Permen Gummy Dalam Program PKM-K 2020
Gambar 1. Kemasan dan Produk permen Probiogum

           Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program yang diselenggarakan dan didanai oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, sebagai wadah bagi mahasiswa Indonesia untuk dapat mengasah pikiran, ide, inovasi serta kreatifitasnya. PKM terbagi kedalam beberapa bidang, yaitu PKM-GT, PKM-GFK, PKM-K, PKM-KC, PKM-M, PKM-P, PKM-T dan PKM-AI.

           PKM yang dilakukan oleh tim MYCO dengan judul ‘PROBIOGUM: Permen Gummy mengandung Probiotik untuk Meningkatkan Sistem Imun Anak Indonesia’ termasuk kedalam PKM-K, yaitu Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan. Tim MYCO berasal dari Biologi UNJ dengan Dosen pembimbing Dr. Dalia Sukmawati, M. Si, serta anggota tim yaitu Zakiah Nur Afifah (Biologi – 2016), Zico Arman (Biologi – 2016), Fira Tafrijiyyah (Biologi – 2017), Salsabila Qisthina Yasmine (Biologi – 2017), serta Nur Shofwah Luthfiyani (Biologi – 2018).

           Probiogum merupakan Permen gummy yang mengandung probiotik guna meningkatkan sistem imun anak. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah optimal, dapat memberikan manfaat baik untuk inangnya (WHO, 2001). Probiotik yang terkandung dalam Probiogum berasal dari khamir genus Saccharomyces. Probiotik memiliki peran penting untuk menyeimbangkan mikroflora dalam usus, meningkatkan sistem imun, menanggulangi diare, serta menghambat pathogen dalam tubuh.

           Probiogum dibuat sebagai salah satu upaya membantu perbaikan gizi anak Indonesia. Sebab, angka kekurangan gizi pada anak Indonesia masih cukup dikhawatirkan. Menurut data Word Health Organization (WHO) pada tahun 2018 yang disampaikan Menteri Kesehatan Indonesia (11/19) bahwa Indonesia termasuk kedalam kategori tertinggi negara dengan kasus Stunting dengan capaian angka diatas 20% (Teja, 2019). Beberapa faktor penyebab terjadinya Stunting dan kurangnya asupan gizi pada balita utamanya disebabkan oleh faktor ekonomi, dan kebersihan lingkungan (Aridiyah, 2015).

           Kasus gizi buruk di Indonesia pada tahun 2019 menurut Pemantauan Status Gizi (PSG) adalah sebesar 27,67% dan telah menurun sebesar 1,93% dibandingkan pada tahun 2017 (Teja, 2019). Namun hal ini masih menjadi kekhawatiran bagi Indonesia karena angka tersebut tetap menggambarkan keadaan gizi buruk yang tidak baik akibat masih berada diatas 20%, dimana oleh WHO dianjurkan berada pada angka dibawah 20%. 

            Kami berharap Probiogum dapat dikenal luas oleh masyarakat serta dapat dijadikan sebagai konsumsi harian tambahan untuk membantu menjaga sistem imunitas serta mencukupi gizi anak Indonesia. Probiogum memiliki harga yang terjangkau, yaitu Rp. 15.000, dengan karakter permen bervariasi yang menarik seperti bentuk angka, teddy bear, hewan, serta bentuk khas jamur. Pembuatan probiogum juga dilakukan secara steril, sehingga lingkungan dan pengerjaanya berada dalam keadaan aseptis untuk mencegah adanya kontaminasi pathogen dari mikroba lain. Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi media sosial kami di Instagram @Probiogum (Instagram Probiogum), Line OA @361nqvdg, Facebook: Probiogum, dan Twitter @Probiogum.

Gambar 2. Instagram Probiogum
Gambar 2. Instagram Probiogum

Gambar 3. Line Official Account Probiogum
Gambar 3. Line Official Account Probiogum

Penulis:  MYCO Team dan Tim PKM-K Probiogum. 

REFERENSI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x