Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Fakta Menarik di Balik Pentingnya Nama Domain bagi Bisnis

21 Juli 2019   08:19 Diperbarui: 22 Juli 2019   09:11 0 11 3 Mohon Tunggu...
Fakta Menarik di Balik Pentingnya Nama Domain bagi Bisnis
ilustrasi (sumber gambar: dicomputertech.com; grafis dokumentasi Himam Miladi)

Di era digital sekarang, ada 3 manfaat penting mengapa setiap perusahaan harus memiliki website sendiri:

Lebih mudah ditemukan calon pelanggan. Di internet, ada milyaran website yang memuat berbagai macam jenis informasi. Karena itu, website penting bagi perusahaan untuk menonjolkan keberadaan mereka saat pengguna internet mencari informasi produk atau jasa secara online.

Menjadi lebih profesional. Adanya website bisa meningkatkan brand bisnis ke pelanggan sehingga dapat membangun kepercayaan pelanggan.

Memiliki sales 24/7. Dengan adanya website bisnis yang bisa diakses 24 jam, itu sama artinya dengan memiliki tenaga penjual yang bisa menginformasikan produk kapan pun sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Dari keseluruhan penemuan teknologi yang akhirnya membentuk internet dan website, nama domain dapat dikatakan sebagai salah satu yang paling besar dampaknya kepada dunia bisnis global. Pelaku bisnis global sudah sejak lama sadar akan nilai nama domain, lebih dari sekedar langkah pertama untuk mengelola keberadaan mereka di Internet.

Pengertian Nama Domain.
Pada mulanya, internet mengandalkan sistem alamat yang menyerupai sistem pos untuk mengirimkan data dan informasi pada komputer pada suatu tujuan spesifik.

Sistem alamat ini berupa serangkaian angka yang khusus mengidentifikasikan satu komputer atau perangkat yang terhubung ke internet, yang disebut Internet Protocol Address (alamat IP).[1]

Misalnya deretan angka: 172.217.26.78

Rangkaian angka Internet Protocol diatas tentunya akan sulit diingat dan digunakan. Karena itu diciptakanlah sebuah sistem berupa nama teks yang merepresentasikan satu atau lebih alamat IP.

Deretan angka diatas jika diketikkan di browser akan mengantarkan pengguna internet menuju halaman website Google.co.id. Nama Google.co.id inilah yang kemudian disebut sebagai nama domain. Dengan kata lain, nama domain adalah versi teks dari alamat IP.[2]

Dari semula berupa deretan angka, alamat situs kini bisa dituju dengan mengetikkan rangkaian huruf dan karakter yang membentuk nama tertentu sebagai penanda alamat situs yang dimaksud.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN