Mohon tunggu...
AA PRASOJO
AA PRASOJO Mohon Tunggu... Guru di Sekolah Alam Purwokerto || Fasilitator Pendidikan

Menikmati setiap hal, dan mensyukuri setiap perjalanan.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Serunya Liburan Anak Alam bersama Sekolah Alam Baturraden

1 Mei 2021   09:23 Diperbarui: 1 Mei 2021   10:50 63 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Serunya Liburan Anak Alam bersama Sekolah Alam Baturraden
Keceriaan Saat Liburan Anak Alam (Dokpri)

Sepulang dari kegiatan live in bersama Sobat SM Sekolah Alam Purwokerto, seorang sobat fasilitator berkata: "Unc, Rewangi". Dengan mantap saya menjawab: "Shaaap siap!!!". Sebagai sobat fasilitator hal yang menyenangkan adalah ketika kita dapat membantu mempersiapkan kegiatan yang membahagiakan, baik di unit sendiri maupun di unit lain. Kenapa bahagia? Karena itu alasan saya bekerja. Saya percaya ketika diri bahagia, maka hal-hal lain akan mengikuti. Selama itu adalah hal baik, maka saya akan dengan senang hati, belajar dan menurunkan ego untuk menjernihkan fikir dan jiwa.

Terik siang hari, tertutup awan mendung. Baju batik untuk kegiatan pembagian raport telah saya tanggalkan, celana panjang saya lipat keatas agar memudahkan pergerakan. Pendopo Tani Karangsalam yang biasanya sepi telah ramai dan kami bersama membersihkan pendopo dengan oprasi semut. Papan pos telah disiapkan, alat karapan sedang disimpul, alat flaying fox telah terpasang. Beberapa fasilitator sudah tik-tok tanpa komando, langsung memposisikan diri, kalo kata orang-orang ini disebut chemistry (kemampuan saling memahami satu sama lain). Hal inilah yang membuat saya kagum, pergerakan kompak dari para fasilitator.

Fasilitator sedang mencek data peserta (Dokpri)
Fasilitator sedang mencek data peserta (Dokpri)

Seratus enampuluh peserta telah hadir pada bach 1 dibagi menjadi 12 kelompok dengan 12 Fasilitator pendamping, menyusul empat puluh peserta pada bach ke 2 dibagi menjadi 2 kelompok dengan 2 fasilitator. Hal yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Persiapan ekstra dalam perlengkapan maupun SDM. Liburan Anak Alam (LAA) ke 10 meneruskan busur yang telah ditarik sejak LAA pertama. Hal konsisten yang dilakukan Sekolah Alam Baturraden untuk memberi ruang belajar yang merdeka kepada fasilitator maupun peserta.

Transportasi LAA (Dokpri)
Transportasi LAA (Dokpri)

Peserta Bersiap LAA (Dokpri)
Peserta Bersiap LAA (Dokpri)

Para peserta berkelompok di pos masing-masing (Dokpri)
Para peserta berkelompok di pos masing-masing (Dokpri)

"Unc kita mau kemana?" tanya salah satu peserta didalam angkot yang digunakan untuk transportasi peserta, seusai perkenalan didalam angkot tersebut.

"Kita akan dibawa ke sebuah tempat rahasia, Tempat yang memberikan kebahagian dan tawa didekat kerajaan Lumpur" jawabku sembari memberi wajah dengan ekspresi meyakinkan.

"Apakah itu dilimpakuwus?" tebak salah satu peserta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x