Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Mager, dong!

8 September 2020   21:35 Diperbarui: 8 September 2020   21:51 106 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Mager, dong!
Kebutuhan Hidrasi Sangtlah Penting dalam Metabolisme Tubuh - Sumber: lifestyle.kompas.com

Sepertinya durasi duduk di depan layar komputer jinjing dan layar telepon seluler rasanya semakin lama dari sebelum-sebelumnya. Mengingat saat ini segala aktivitas lebih banyak dilakukan dari rumah entah untuk bekerja atau belajar. 

Tak terasa berjam-jam harus melotot melihat layar yang mengancam kesehatan mata. Belum lagi saking asyiknya bekerja atau belajar hingga lupa waktu untuk sedikit bergerak sekedar merilekskan tubuh yang kaku.

Tanpa sadar dengan pola yang seperti ini membuat aktivitas fisik menjadi berkurang. Duduk diam laiknya orang bertapa di depan layar menjadi hal yang lazim kita temui di masyarakat saat ini. 

Kurangnya aktivitas fisik jelas akan berpotensi memunculkan beragam penyakit. Kebugaran jasmani menurun sistem imun tubuh pun berpotensi mengalami penurunan pula.

Belum lagi jikalau lupa untuk memenuhi asupan gizi dan hidrasi. Meskipun hanya duduk dan tidak melakukan aktivitas fisik berat kebutuhan hidrasi tetap harus dipenuhi. Mengapa demikian? Karena dalam metabolisme tubuh prosesnya tetap membutuhkan cairan yang cukup. Jangan menunggu haus baru mulai minum.

Dampak negatif dehidrasi sungguh sangat berbahaya jika terus menerus tak sadar pentingnya mencukupi kebutuhan hidrasi. Ada istilah Basal Metabolic Rate (BMR) yaitu kebutuhan kalori tubuh dalam melakukan aktivitas basalnya, seperti bernafas dan memompa jantung, sistem metabolisme tetap terus bekerja dan membutuhkan cairan dalam prosesnya. Sekali lagi ingat untuk terus cukupi hidrasi.

Terjebak dalam asyiknya bersantai ria duduk di depan layar untuk belajar dan bekerja hingga lupa berolahraga adalah kesalahan fatal. Jangan sampai jarang gerak memicu munculnya penyakit pada tubuh kita. 

Alangkah baiknya sempatkan untuk berolahraga meski hanya sebentar saja. Cukup tiga puluh menit untuk sekedar jalan atau jogging keliling sekitar rumah. Sudah cukup untuk menjaga kebugaran Jasmani dan imunitas tubuh.

Meski segala sesuatunya harus dilakukan di rumah saja. Namun kesehatan dan kebugaran tetap harus dijaga. Jangan terus melulu terjebak rasa mager (males gerak). 

Kita harus mensyukuri nikmat sehat dengan menjaganya. Yakni dengan rutin berolahraga, menkonsumsi makanan bergizi , dan juga cukupi kebutuhan hidrasi. Jangan terlalu memforsir diri hingga lupa waktu untuk beristirahat. Tubuh kita punya hak untuk beristirahat dengan waktu yang cukup. Ayo gerak! Jangan mager dong!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x