Mohon tunggu...
Ilham Maulana
Ilham Maulana Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Penulis Lepas

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ingin Jadi Bos Panutan? Ikuti 7 Cara Memimpin Berikut ini

11 Juli 2021   15:15 Diperbarui: 11 Juli 2021   15:27 44 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Jadi Bos Panutan? Ikuti 7 Cara Memimpin Berikut ini
Sumber Foto: Unsplash by Roland Samuel

Menjadi seorang pimpinan perusahaan atau biasa kita kenal sebagai boss bukanlah perkara yang mudah. Memang benar, mode kepemimpinan seseorang selalu dinamis datang dan pergi. Kita tidak bisa selalu menjadi pemimpin yang baik setiap saat, karena sebaik apapun kita tetaplah manusia yang punya keterbatasan.

Namun prinsip dasar menjadi seorang pemimpin tidak akan pernah berubah. Mempelajari hal-hal dasar tersebut pastinya sangat berguna bagi kita, terutama dalam menjalankan suatu bisnis atau perusahaan.
Nilai-nilai fundamental kepemimpinan pada diri kamu menentukan seberapa efektifnya kamu dalam menjalankan suatu bisnis atau perusahaan.

Maka dari itu, berikut ini ada 7 tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pemimpin atau boss yang baik kedepanya atau dimasa depan nanti.

1. Temukan cara untuk Memotivasi orang

Menetapkan standar tinggi untuk Komunikasi, Produktifitas, Serta Profesionalisme sangat penting dilakukan oleh para boss. Hal-hal tersebut lah yang menentukan hasil pencapaian dari perusahaan atau bisnis yang kamu jalankan.

Namun ada kalanya anak buahmu mengalami penurunan motivasi dalam bekerja. Disinilah kamu harus berusaha menemukan cara untuk mengembalikan semangat mereka.
Hindari untuk menyalahkan kinerja buruk dan lebih memilih untuk memberikan kritik realistis ditambah motivasi diakhir mungkin menjadi solusi yang tepat bagi kamu. Karena dengan hanya menyalahkan hanya akan berujung pada masalah yang tidak kunjung selsai.

Tanyakan saran untuk solusi kepada mereka, dan mulailah berdiskusi untuk memecahkan masalah. Bekerjalah sebagai pemimpin tim, bukan sebagai raja yang hanya mementingkan hasil akhir saja.

Selain itu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi orang, temukanlah cara yang paling cocok untuk gaya kepemimpinan dan karakter dari para bawahan mu.

2. Berkomunikasi dengan Jelas, Profesional, dan Sering

Banyak Karyawan yang mengharapkan penilaian jujur dari para menejer terkait kinerja mereka. Untuk melakukan hal tersebut, seorang manajer yang baik harus memahami orgnisasi mereka dan menilai kemajuan secara akurat.

Ketika semua segala sesuatunya berjalan lancar, komunikasikan hal tersebut kepada seluruh anggota. Soroti kesuksesan yang telah diraih organisasi, hal tersebut pastinya dapat meningkatkan semangat.

Jika terjadi sebaliknya, ketika masalah datang cobalah untuk mengkomunikasikan kegelisahan kamu mengenai dampak terburuk yang bisa dialami kepada para anggota. Ingatlah bahwa komunikasi adalah alat yang dapat (dan seharusnya) menginspirasi dan memotivasi para anggota kamu serta memunculkan dan menyelesaikan masalah.

3. Luangkan Waktu untuk Mengembangkan Karyawan serta Karirnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x