Mohon tunggu...
Ilham Maulana
Ilham Maulana Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Tech Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ingin Jadi Bos Panutan? Ikuti 7 Cara Memimpin Berikut ini

11 Juli 2021   15:15 Diperbarui: 11 Juli 2021   15:27 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Unsplash by Roland Samuel

Menjadi seorang pimpinan perusahaan atau biasa kita kenal sebagai boss bukanlah perkara yang mudah. Memang benar, mode kepemimpinan seseorang selalu dinamis datang dan pergi. Kita tidak bisa selalu menjadi pemimpin yang baik setiap saat, karena sebaik apapun kita tetaplah manusia yang punya keterbatasan.

Namun prinsip dasar menjadi seorang pemimpin tidak akan pernah berubah. Mempelajari hal-hal dasar tersebut pastinya sangat berguna bagi kita, terutama dalam menjalankan suatu bisnis atau perusahaan.
Nilai-nilai fundamental kepemimpinan pada diri kamu menentukan seberapa efektifnya kamu dalam menjalankan suatu bisnis atau perusahaan.

Maka dari itu, berikut ini ada 7 tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pemimpin atau boss yang baik kedepanya atau dimasa depan nanti.

1. Temukan cara untuk Memotivasi orang

Menetapkan standar tinggi untuk Komunikasi, Produktifitas, Serta Profesionalisme sangat penting dilakukan oleh para boss. Hal-hal tersebut lah yang menentukan hasil pencapaian dari perusahaan atau bisnis yang kamu jalankan.

Namun ada kalanya anak buahmu mengalami penurunan motivasi dalam bekerja. Disinilah kamu harus berusaha menemukan cara untuk mengembalikan semangat mereka.
Hindari untuk menyalahkan kinerja buruk dan lebih memilih untuk memberikan kritik realistis ditambah motivasi diakhir mungkin menjadi solusi yang tepat bagi kamu. Karena dengan hanya menyalahkan hanya akan berujung pada masalah yang tidak kunjung selsai.

Tanyakan saran untuk solusi kepada mereka, dan mulailah berdiskusi untuk memecahkan masalah. Bekerjalah sebagai pemimpin tim, bukan sebagai raja yang hanya mementingkan hasil akhir saja.

Selain itu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi orang, temukanlah cara yang paling cocok untuk gaya kepemimpinan dan karakter dari para bawahan mu.

2. Berkomunikasi dengan Jelas, Profesional, dan Sering

Banyak Karyawan yang mengharapkan penilaian jujur dari para menejer terkait kinerja mereka. Untuk melakukan hal tersebut, seorang manajer yang baik harus memahami orgnisasi mereka dan menilai kemajuan secara akurat.

Ketika semua segala sesuatunya berjalan lancar, komunikasikan hal tersebut kepada seluruh anggota. Soroti kesuksesan yang telah diraih organisasi, hal tersebut pastinya dapat meningkatkan semangat.

Jika terjadi sebaliknya, ketika masalah datang cobalah untuk mengkomunikasikan kegelisahan kamu mengenai dampak terburuk yang bisa dialami kepada para anggota. Ingatlah bahwa komunikasi adalah alat yang dapat (dan seharusnya) menginspirasi dan memotivasi para anggota kamu serta memunculkan dan menyelesaikan masalah.

3. Luangkan Waktu untuk Mengembangkan Karyawan serta Karirnya

Siapkan karyawan kamu untuk sukses, bukan gagal. Berikan mereka pelatihan beserta alat untuk menunjang kemampuan mereka. Sadar akan potensi yang bisa digapai oleh seseorang sangat penting untuk kamu ketahui untuk meningkatkan pencapaian dari organisasi yang kamu pimpin.

Perlu diketahui juga, kesuksesan dari suatu organisasi perlu diabrengi dengan berkembangnya orang-orang yang ada didalamnya. Termasuk dirimu sendiri.

4. Delegasikan apa pun yang Anda bisa, kapan pun Anda bisa

Pastikan bahwa karyawan kamu merasa terlibat dalam pekerjaan mereka dengan memberi mereka banyak kesempatan untuk tumbuh baik dalam pekerjaan mereka maupun dalam karir mereka. Delegasikan tugas dengan tepat dan cari peluang untuk memaksimalkan kekuatan setiap karyawan.

5. Ciptakan kemitraan dengan orang-orang mu

Buat karyawan kamu merasa seperti mereka adalah bagian dari sesuatu yang istimewa dan bahwa upaya mereka benar-benar dihargai.

Libatkan mereka secara langsung dalam keberhasilan organisasi. Ciptakan dan tanamkan rasa persahabatan, di mana orang merasa senang datang bekerja, karena ini adalah lingkungan yang positif dan produktif dan mereka merasa menjadi bagian dari komunitas yang efisien, terampil, dan sangat sukses.

6. Membangun jembatan kepercayaan

Belajarlah untuk mempercayai karyawan Kamu. Atasan yang percaya bahwa karyawan mampu dan bertanggung jawab mendorong otonomi sekaligus menciptakan rasa kebersamaan yang kuat di seluruh organisasi.

Untuk membangun kepercayaan, ciptakan lingkungan kerja yang aman dan positif dengan komunikasi dua arah yang terbuka, jujur. Percaya bahwa karyawan Kamu akan memenuhi atau melampaui tujuan organisasi ketika bekerja di lingkungan yang produktif, aman, dan mendukung.

7. Jangan lupa untuk mengakui kinerja yang baik

Ketika segala sesuatunya berjalan dengan baik di organisasi Kamu, beri tahu orang-orang lebih awal dan sering. Beri penghargaan kepada publik atas kontribusi mereka.

Dorong kinerja yang luar biasa dan berkelanjutan dengan menunjukkan kepada karyawan Kamu betapa upaya mereka dihargai. Studi menunjukkan bahwa mengakui hal-hal hebat yang dilakukan karyawan Kamu bisa lebih memotivasi daripada bonus.

Post Reference: inc.com, Want to Be a Great Boss? Do These 7 Things Every Day

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun