Mohon tunggu...
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR Mohon Tunggu... Konsultan - Profesional Development - Sokrates - Binus Creates

Hanya ingin berbagai untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia, khususnya dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pemuda Pemudi Indonesia Menyambut Abad 21

28 Oktober 2021   11:00 Diperbarui: 28 Oktober 2021   11:06 364 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumen Multi Media HKBP Bumi Anggrek 

Seperti di tahun-tahun sebelumnya setiap 28 Oktober 2021 kita peringati sebagai hari sumpah Pemuda dimana ini sebagai salah satu peringatan yang bagi penulis merupakan sebuah perayaan yang special karena disini kita diingatkan betapa pentingnya peran Pemuda dan Pemudi dalam sebuah pergerakan bangsa menuju Bangsa yang lebih baik lagi. Peringatan Sumpah Pemuda menunjukkan kualitas dari Pemuda-Pemudi Indonesia dalam menopang Indonesia dalam menuju kemerdekaan.

Jika zaman dahulu para Pemuda-Pemudi Indonesia bersatu dalam membantu negara ini menjadi Negara yang merdeka sepenuhnya maka di tahun-tahun yang akan datang, peran Pemuda akan jauh lebih penting dan memiliki peran yang sentral dalam perjalanan Bangsa ini dan oleh sebab itu peran Pemuda dan Pemudi tidak bisa diabaikan karena merekalah pemegang kunci akan perubahan bangsa ini.

Hal tersebut sudah sangat jelas kita lihat dimana ekonomi digital di Indonesia saat ini digerakkan oleh para Pemuda, lihat saja bisnis online yang berada di sekitar kita saat ini didirikan oleh anak muda. Presiden Jokowi sendiri memiliki staf-staf khusus dari  kalangan Pemuda Pemudi bahkan Menteri sekalipun ada yang dari kalangan milenial yang notabene masih kita sebut dengan Pemuda, artinya peran pemuda sangat sentral saat ini dan dimasa yang akan datang karena merekalah penentu masa depan bangsa ini.

Kita patut berbangga akan keberhasilan Pemuda dan Pemudi Indonesia dalam perjalanan Bangsa ini khususnya menuju Abad 21 dimana akan ada perubahan-perubahan yang besar di hadapan kita yaitu perubahan dunia yang semakin hari semaikin cepat dan kadang tidak kita duga sama sekali seperti yang kita alami saat ini.

Generasi muda harus lebih siap dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dan itu akan mereka dapat lakukan jika mereka memiliki keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pribadi-pribadi yang siap dalam menghadapi perubahan seperti yang disampaikan oleh Unesco dalam frame work Abad 21 yang sudah dikeluarkan beberapa tahun yang lalu yaitu life and career skills, learning and innovation skills, information, media and technology skills dengan kata lain generasi kita dapat bertahan dimasa yang akan datang dan siap dalam menghadapi perubahan yang terjadi dalam pergerakan bangsa ini jika mereka memiliki keterampilan tersebut dan sebaliknya, mereka tidak akan bernilai jika tidak menguasai skill tersebut.

Lalu bagaimana kita mendidik generasi muda kita akan skill tersebut, tentunya tidak lepas dari dunia Pendidikan karena bagaimanapun dunia Pendidikan merupakan sebuah Langkah yang sangat efektif dalam mempersiapkan generasi pengganti bangsa. Lembaga Pendidikan harus sudah mulai mendidik peserta didiknya untuk dapat mempersiapkan rencana kariernya 10 -- 15 tahun yang akan datang dan keterampilan (Skills) apa yang harus dimiliki untuk kariernya tersebut.

Para pendidik sudah harus mulai merubah pola pembelajarannya dengan mengarahkan pada learning and innovations skills atau yang lebih dikenal dengan 4C supaya proses pembelajaran dapat lebih bermakna, memberikan pengalaman belajar baru, dan mereka lebih siap dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan mereka khusnya dalam karier atau profesi mereka dimasa yang akan datang.

Penguasaan media dan teknologi tentunya bukan hal yang bisa ditawar lagi khususnya di zaman ini karena teknologi sudah menguasai hampir seluruh sisi kehidupan di dunia ini dan kita sudah merasakan Ketika pandemic melanda negeri ini walaupun sering kita lihat banyaknya penyalah gunaan terknologi yang ada tetapi bukan berarti kita menghindari penggunaan teknologi tetapi justru kita harus dapat mengarahkan teknologi ke hal yang positif mengingat saat ini dan beberapa tahun yang akan datang, Indonesia masih memerlukan jutaan talenta-talenta digital Indonesia yang akan membawa Nusantara ini lebih siap dalam menghadapi perubahan dan tentunya yang mampu untuk melakukan itu adalah Pemuda Pemudi Indonesia yang menjadi Generasi pengganti kita. Selamat Hari Sumpah Pemuda.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan