Mohon tunggu...
PMM UMM  Muharto
PMM UMM Muharto Mohon Tunggu... Pengabdian Masyarakat - Mahasiswa UMM 2020 Gelombang 12 Kelompok 56

Pengabdian Masyarakat - Mahasiswa UMM X Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur di Rumah Belajar Muharto - Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PMM UMM 56 Jalankan Program Bertajuk Sejarah Indonesia

26 Oktober 2020   01:55 Diperbarui: 26 Oktober 2020   02:27 9 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM UMM 56 Jalankan Program Bertajuk Sejarah Indonesia
Kenalkan Presiden dan Wakil Presiden Pertama Indonesia

Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok 56, menjalankan sebuah program yang bertajuk "Sejarah Indonesia". Program tersebut mendapat bimbingan secara langsung oleh Bapak Dedik Fitra Suhermanto, S.IP., M.Hub.Int. dan di naungi oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Mayarakat (DPPM). 

Program yang di laksanakan di Rumah Belajar Muharto - Kotalama - Malang tersebut, mendapat apresiasi yang cukup baik dari warga dan anak - anak Muharto. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme anak - anak Kampug Muharto yang memadati Rumah Belajar pada hari dilaksanakannya program tersebut, yakni Minggu (25/10). Meski program tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, akan tetapi tidak menyurutkan sedikitpun semangat anak - anak untuk belajar. 

 Sejatinya, sejarah Indonesia merupakan suatu pembelajaran atau pengetahuan yang harus di pahami oleh bangsa Indonesia sejak dini. Untuk itu, Mahasiswa UMM memilih program yang bertajuk Sejarah Indonesia, untuk mengenalkan sedini mungkin, kepada anak - anak di Rumah Belajar Muharto mengenai peristiwa penjajahan dan proses kemerdekaan Indonesia. Utamanya pada masa kini pengetahuan anak - anak mengenai sejarah bangsa Indonesia terbilang sangat minim dan butuh pengetahuan lebih lanjut. Untuk itu, Mahasiswa UMM memutuskan untuk membuat program yang bertajuk sejarah Indonesia tersebut.

Isi daripada program tersebut tidak jauh seputar kondisi Bangsa Indonesia pada masa penjajahan, dan bagaiman proses Indonesia mendapatkan kemerdekaannya. Penyampaian materi yang diberikan secara lisan dan menggunakan media gambar cetak (seperti foto tokoh - tokoh nasional memiliki peran pembantuan yang sangat penting. Pasalnya usia anak - anak yang lebih senang mendengarkan cerita dan melihat gambar - gambar menarik, membuat semangat belajar dan rasa keingintahuan anak - anak meningkat pesat. Selain itu, pembelajaran dengan sistem tersebut juga dapat mempermudah pemahaman anak - anak mengenai sejarah Indonesia. 

Dengan adanya program tersebut, Mahasiswa UMM berharap dapat menanamkan pola pikir dan semangat patriotisme, kepada anak - anak di kawasan Kampung Muharto. Selain itu harapan untuk merealisasikan atau mempraktikan dalam kehidupan sehari - hari, layaknya giat belajar juga terbesit di pikiran Mahasiswa UMM. Sehingga, setelah di adakannya program tersebut, anak - anak mampu mempraktikan dalam kehidupan sehari - hari.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x