Mohon tunggu...
Pitter Telaumbanua
Pitter Telaumbanua Mohon Tunggu... Sukses Adalah Pilihan

Nias Pulau Impian

Selanjutnya

Tutup

Media

Memastikan Jawa Tengah sebagai "Kampung Bhinneka Tunggal Ika"

1 Oktober 2019   15:13 Diperbarui: 1 Oktober 2019   16:20 128 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memastikan Jawa Tengah sebagai "Kampung Bhinneka Tunggal Ika"
Pembacaan Deklarasi Catur Satya Jawa Tengah

 Jawa Tengah ?? Kampung Bihneka !!! 

Bhinneka Tunggal Ika adalah  samboyan bangsa Indonesia. "berbeda-beda tapi tetap satu jua". itulah artinya.  Semboyan ini diambil dari kitab atau kakawin Sutasoma karangan Empu Tantular, yang hidup pada masa Kerajaan Majapahit sekitar abad ke-14 M. Secara etimologi  semboyan Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno ; Bihneka yang artinya beragam, Tunggal artinya satu, dan Ika artinya itu.  Secara harfiah, jika diartikan menjadi beraneka satu itu. Maknanya ialah beraneka ragam tetapi masih satu jua. Itulah INDONESIA.

Minggu, 15 september 2019 | Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah

Hari ini saya dan Kak Penina Melia Be Sitepu diberikan tanggungjawab untuk membacakan Catur satya deklarasi  secara resmi Jawa Tengah sebagai Kampung Bihneka tunggal Ika yang berisikan 4 poin di antaranya :

  1. Bertekad memperkokoh Jawa Tengah sebagai rumah bhinneka tunggal ika dan benteng Pancasila.
  2. Menolak segala bentuk diskriminasi, intoleransi, radikalisme, terorisme, hoaks, dan sikap ujaran kebencian.
  3. Bertekad mempererat persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa, tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan.
  4. Bertekad menempuh jalan kebudayaan untuk memperkuat Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah | dokpri
Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah | dokpri
4 Poin Catur Satya Jawa Tengah sebagai Kampung Bihneka Tunggal Ika.  Merupakan hasil dari dialog kebangsaan serta diskusi pendalaman yang di buka secara resmi Oleh Ganjar Pranowo, SH., M.I.P (Gubernur Jawa Tengah)  dan di hadiri oleh Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda, Kepala Kesbangpol, Ketua Forum Perantara Provinsi Jawa Tengah dan seluruh undangan dari perwakilan etnis yang ada di Jawa Tengah. 

Semoga Tuhan yang Maha Esa meridhoi, memberkahi, dan memudahkan usaha luhur kita. Itulah kalimat penutup dari 4 poin Catur Satya. Deklarasi Kampung Bihneka Tunggal Ika Jawa Tengah (15/09/2019) Oleh : Yupiter Telaumbanua & Penina Melia Be Sitepu.

Yupiter telaumbanua

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x