Mohon tunggu...
Pitri Ani
Pitri Ani Mohon Tunggu... Pitriani

Mahasiswa Sarjana Manajemen STIE PERBANAS Surabaya. Aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Alumni Aktivis PC. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Bojonegoro

Selanjutnya

Tutup

Media

YouTuber, Profesi atau Hobi?

21 Desember 2019   14:17 Diperbarui: 21 Desember 2019   14:17 18 2 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan dunia terjadi secara terus-menerus, mengakibatkan manusia harus mengikuti arus kehidupan yang ada. Mulai dari perkembangan komunikasi yang serba konvensional hingga kini kita bertemu dengan era yang bernama digital. Era digital telah menggiring manusia untuk menjadi kan internet sebagai media sosial, yang kemudian muncul beberapa media sosial untuk berkomunikasi seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube. Youtube adalah salah satu situs media sosial yang digunakan untuk memposting konten dalam bentuk video.

Jika dulunya Youtube hanya digunakan untuk menposting video-video pribadi dalam hal untuk pengadaptasian manusia dengan alat teknologi, berbeda dengan fenomena yang ada sata ini, mulai dari kaum pejabat hingga rakyat, dewasa hingga balita telah memanfaatkan youtube sebagai media dalam menyalurkan konten mereka baik tentang kehidupan sehari-hari, opini, presentasi umum, bahkan digunakan sebagai saluran promosi yang dapat menghasilkan pendapatan. Orang yang terjun dalam pembuatan konten youtube dan telah memiliki subscriber yang banyak sering disebut adalah Youtuber.

Banyak  kalangan generasi Baby Boomers menganggap bahwa Youtuber adalah sekedar hobi yang mulai ditekuni generasi millenial saat ini, sedangkan mereka para generasi millenial tidak pro dengan pendapat tersebut, justru mereka menganggap youtuber adalah profesi yang menjanjikan kedepannya. Anak kecil yang beberapa waktu ditanya Bapak Presiden RI, Bapak Joko Widodo, apa cita-cita nya, dengan spontan anak tersebut menjawab ingin menjadi Youtuber. Seacar istilah profesi adalah, pekerjaan yang berdasarkan keahlian tertentu yang dimiliki manusia.

Dalam praktiknya yang dimaksud profesi adalah mereka yang mendedikasikan waktunya untuk kepentingan kerja, mereka wajib mematuhi otonomi yang ada, dan mereka wajib melakukan kode etik yang telah di dalam profesi tersebut. Sedangkan, Hobi merupakan kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang yang dapat menenangkan pikiran seseorang,  yang bertujuan untuk memenuhi keinginan dan kesenangan.

Setelah mengetahui pengertian dari dua subject yang berbeda, dapat disimpulkan Youtuber adalah Profesi, karena dalam menjadi youtuber, mereka individu wajib memiliki akun youtube yang mana harus mematuhi peraturan yang berasal daro otonomi perusahan youtube. Mereka yang menjadi youtuber yang telah berpenghasilan, setidaknya mereka memiliki beberapa kemampuan dalam pembuatan konten seperti kemampuan editing visual, editing audio, dan bisa mengoperasikan Kamera. Selain itu, Yoyuber tidka bisa dikerjakan di waktu yang luang saja, tidak bisa pula untuk menenangkan pikiran, karena mereka yang telah menjadi youtuber, harus memperbanyak frekuensi dalam hal menposting video konten agar tidak kehilangan subscriber atau viewernya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x