Mohon tunggu...
kesehatanku
kesehatanku Mohon Tunggu... Kesehatan

Informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Riwayat Berdirinya Rumah Sakit Telogorejo

14 Februari 2020   11:08 Diperbarui: 19 Februari 2020   09:58 20 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Riwayat Berdirinya Rumah Sakit Telogorejo
Rumah sakit Telogorejo

Bermula dari awal yang sederhana, Rumah Sakit Telogorejo pada awalnya memiliki merupakan sebuah Poliklinik Tionghoa yang memiliki nama Poliklinik Gang Gambiran. Poliklinik tersebut didirikan pada tanggal 1 Desember 1925. Pada masa awal berdirinya poliklinik, tempat ini hanya memiliki tiga orang dokter yaitu dokter Tang Ping Ie, dokter M. Permadi, dan juga dokter M. Ngamdani. Dalam sejarah pelayanan kesehatannya, poliklinik tersebut mengalami banyak perubahan. Misalnya saja, pada tanggal 16 November tahun 1928, Poliklinik Gang Gambiran berganti naman menjadi Poliklinik Lang Tjhwan Tiong Hoa Ie Wan. Kata "Ie Wan" dalam Bahasa Indonesia berarti "Rumah Sakit". Sementara itu, kata "Lang Tjhwan" memiliki arti "Semarang". Sehingga frasa "Lang Tjhwan Tiong Hoa Ie Wan" memiliki arti "Rumah Sakit Tiong Hoa di Semarang".

Sebelum berganti nama menjadi Rumah Sakit Telogoredjo pada tahun 1958, perubahan-perubahan terus berganti di kala itu. Pada saat revolusi kemerdekaan terjadi, gagasan untuk mendirikan rumah sakit dicanangkan, tepatnya pada tahun 1945 hingga 1946. Poliklinik pernah menjadi rumah sakit bersalin, kemudian diubah menjadi Rumah Sakit darurat dengan nama Rumah Sakit Chung Cheng I Yuan. Pada tanggal 25 November tahun 1951, Yayasan Kesehatan Telogorejo secara resmi telah mendirikan rumah sakit tersebut. Diresmikanoleh Walikota Semarang di kala itu dan Panglima Divisi Diponegoro, rumah sakit yang berlokasi di Jalan Kyai Hai Achmad Dahlan tersebut menjadi rumah sakit bertipe B. Kemudian, di tahun 1958 kembali diusulkan perubahan nama. Rumah Sakit Telogoredjo menjadi nama terakhir rumah sakit tersebut setelah disahkan di tahun 1962. Nama Rumah Sakit Telogoredjo masih dipakai hingga saat ini.

Nilai yang diusung oleh Rumah Sakit Telogorejo adalah "operational excellence and customer intimacy". Ini berarti rumah sakit ini mengedepankan kedekatan dengan pelanggannya dan memberikan pelayanan operasional bermutu unggul. Selain itu, Rumah Sakit Telogorejo juga memiliki visi untuk menjadi rumah sakit pilihan utama di Semarang. Untuk menuju visi tersebut, Rumah Sakit Telogorejo memiliki beberapa misi utama misalnya saja dalam melakukan pekerjaannya, pihak rumah sakit terus menjunjung etika dengan tinggi. Selain itu, dalam melayani para pasien dan pelanggannya, rumah sakit ini memberikan pelayanan kesehatan dengan cara yang profesional dan tulus. Demi menjawab tantangan zaman akan kebutuhan medis yang terus meningkat, Rumah Sakit Telogorejo juga menyediakan pelayanan medis spesialistik dan keperawatan dengan standar yang diakui oleh dunia internasional. Mengingat teknologi kian canggih dan terus berkembang, Rumah Sakit Telogorejo berupaya untuk selalu mengembangkan kemampuan di bidang teknologi medis modern dan mutakhir. Dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang diimliknya, Rumah Sakit Telogorejo terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi SDMnya, ini penting agar pasien bisa mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Upaya untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu misi penting rumah sakit ini. Selain itu, Rumah Sakit Telogorejo juga merupakan rumah sakit yang memiliki kepeduliaan terhadap lingkungan.

Rumah Sakit Telogorejo juga berupaya untuk terus memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat sosial yang terus membutuhkan bantuan dalam bidang kesehatan. Puluhan tahun menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan medis berkualitas menjadikan Rumah Sakit Telogorejo rumah sakit yang dipercaya oleh masyarakat. Rumah sakit swasta yang berdiri di bawah naungan Yayasan Kesehatan Telogorejo ini akan terus menyediakan layanan kesehatan berkualitas yang disediakan oleh para staf medis dengan dedikasi yang tinggi dan dibantu teknologi modern yang mutakhir.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x