Mohon tunggu...
Pical Gadi
Pical Gadi Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Lebih sering mengisi kanal fiksi | People Empowerment Activist | Phlegmatis-Damai| twitter: @picalg | picalg.blogspot.com | planet-fiksi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Cara Sopan Mengatakan "Tidak" pada Teman yang Meminjam Uang

10 Oktober 2019   18:47 Diperbarui: 13 Oktober 2019   16:01 0 36 14 Mohon Tunggu...
Cara Sopan Mengatakan "Tidak" pada Teman yang Meminjam Uang
ilustrasi gambar dari https://lifehacks.io/

Pernah punya pengalaman teman dekat hendak meminjam uang kita padahal saat itu kita juga sedang kanker (kantong kering) atau sedang memiliki kebutuhan dana yang cukup besar?

Dilema juga jadinya jika tidak bisa membantu sahabat yang sedang kesusahan. Di satu sisi kita berniat baik ingin membantu, tapi di sisi lain kita memang tidak punya dana taktis atau dana cadangan untuk membantu sahabat kita.

Pada umumnya setiap orang memang telah mengalokasikan pendapatannya pada pos-pos pengeluaran rutin seperti kebutuhan rumah tangga, biaya pendidikan, transportasi, investasi dan lain-lain. Jadi jika ada pengeluaran lain di luar pengeluaran rutin tersebut, seperti membantu teman yang ingin meminjam, mesti ada kebutuhan dana tambahan.

Bisa jadi juga kita sebenarnya memiliki dana cadangan yang dapat digunakan, tapi ragu membantu karena sahabat kita memiliki riwayat mengembalikan pinjaman yang kurang baik.

Manapun kondisi yang kita alami, ujung-ujungnya kita harus mengatakan "tidak bisa" kepada sahabat yang ingin meminjam uang. Di sini kita kembali dihadapkan pada situasi yang tidak enak. 

Kita sering kali khawatir, jangan-jangan setelah menolak permintaan tersebut, suasana persahabatan berubah atau teman menganggap kita orang yang jahat. Jadi dibutuhkan cara menjawab yang tepat dan tetap sopan untuk menolak permintaan pinjaman uang dari teman.

Di bawah ini ada beberapa contoh jawaban yang bisa diberikan.

Cara Jujur. Cara ini paling mudah dilakukan. Jujurlah pada teman atau rekan Anda, kalau Anda tidak bisa menolongnya. Jika perlu sebutkan alasannya. 

"Dananya mau dipakai bayar uang sekolah minggu depan." atau "Dananya disimpan karena orangtua sedang sakit. Takut ada apa-apa" atau "Ada duitnya tapi masih dipinjam sama teman kantor" atau ya simple saja "Maaf banget ya, Bro. Saya juga pas-pasan." Jika memang berteman baik, teman Anda mestinya sudah paham dengan kondisi Anda.

Improvisasi. Cara ini dapat dilakukan jika Anda "tidak kuat" menolak secara langsung permintaan teman Anda. Saya juga sering menggunakan cara seperti ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x