Mohon tunggu...
Guru PGRI
Guru PGRI Mohon Tunggu... Tutwurihandayani

Perkenalkan saya Budiman, salam kenal...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

RPP Daring Kelas 1 - 6 SD/MI Format Satu Lembar

17 September 2020   03:25 Diperbarui: 22 September 2020   16:26 70 2 0 Mohon Tunggu...

Halo Apa kabar? Akhirnya dari sekian lama saya bisa menulis kembali. Kali ini saya akan berbagi informasi terkait RPP Daring Kelas 1 - 6 SD/MI Format Satu Lembar, tentunya merupakan hasil revisi terbaru 2020-2021.

Kegiatan pembelajaran online dapat menjadi cara terbaik bagi siswa untuk menyelesaikan kelas atau mata pelajaran sesuai jadwal mereka sendiri. Namun, kegiatan ini mungkin tidak cocok jika kelas atau mata pelajaran tersebut diajarkan melalui internet. Dalam beberapa kasus, aktivitas pembelajaran online ditemukan dijiplak atau disalin oleh orang lain. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa semua kegiatan pembelajaran online adalah asli dan tidak disalin atau dijiplak dari sumber lain. Penting juga untuk memahami bagaimana materi konten harus disajikan agar otentik dan akurat.

Pertama, lakukan pencarian internet sederhana untuk tips kegiatan belajar online. Ada banyak sumber tip tentang cara mengembangkan aktivitas pembelajaran online yang menarik dan sukses. Anda dapat menggunakan tip-tip ini untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran online yang sesuai dengan kebutuhan khusus Anda. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan beberapa ide kegiatan pembelajaran online yang telah dikembangkan oleh guru lain.

Banyaknya media dan sumber daya yang tersedia di internet dapat membuat sulit untuk memutuskan bagaimana merancang dan menyajikan sebuah kegiatan pembelajaran online dengan benar. Cobalah untuk menggunakan tujuan atau hasil belajar yang diinginkan dari aktivitas belajar online Anda sebagai titik awal Anda untuk memutuskan elemen visual dan verbal apa yang paling efektif untuk materi yang akan Anda ajarkan. Misalnya, jika Anda mengajar tentang permainan komputer, gunakan permainan untuk memperagakan informasi. Padahal, sebagian besar ide kegiatan pembelajaran online menganggap bahwa fokus utama materi adalah pembelajaran tentang suatu topik. Artinya, informasi Anda harus difokuskan pada penyajian informasi untuk pembelajaran dan tidak sekadar menyajikan fakta.

Dapatkan contohnya di:

Untuk mendukung kegiatan pembelajaran supaya dapat terus belajar, pada kondisi Pandemi COvid - 19 saat ini RPP Daring Kelas 1 - 6 akan ssaya bagikan untuk membantu Bapak/Ibu Guru dalam melaksanakan kegiatna pembelajaran tatap secara online. Oleh karena itulah saya coba bagikan contoh RPPnya melalui halaman ini. Secara garis besar perangkat pembelajaran ini cenderung menggunakan bantuan aplikasi seperti Whatsapp, GOogle Form, Zoom dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk pelajar visual, Anda mungkin ingin menambahkan gambar dan grafik ke aktivitas belajar Anda untuk membuat pengalaman belajar Anda lebih interaktif. Namun, jika pelajar Anda adalah pelajar auditori, penting untuk membatasi jumlah informasi visual yang Anda gunakan. Jika pelajar Anda tidak dapat menavigasi aktivitas belajar Anda secara visual, mereka mungkin menganggap aktivitas Anda membosankan. Gunakan contoh yang menarik atau fitur multimedia lainnya agar pengalaman belajar tetap menyenangkan dan menghibur. Klip audio dan video juga dapat ditambahkan untuk meningkatkan interaktivitas, selama relevan dengan topik yang dibahas.

Anda juga harus memperhatikan tata letak dan format kegiatan belajar Anda. Kegiatan belajar Anda tidak boleh terlihat berantakan, terlalu ramai atau terlalu membingungkan. Jika tidak masuk akal, Anda harus mempertimbangkan untuk menghilangkannya sama sekali. Selain itu, konten kegiatan pembelajaran interaktif Anda harus dirancang sedemikian rupa sehingga masuk akal bagi semua siswa dan membantu mereka memahami apa yang mereka pelajari dan tidak hanya membaca teks yang kering dan membosankan.

Terakhir, pastikan Anda menindaklanjuti dengan tips aktivitas pembelajaran online setelah siswa Anda menyelesaikan aktivitas pembelajaran online. Dalam kebanyakan kasus, proses ini membutuhkan lebih dari beberapa panggilan telepon atau email. Jika mau, Anda juga dapat menjadwalkan konsultasi gratis dengan instruktur untuk meninjau kinerja siswa Anda dan memberikan umpan balik serta mengajukan pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki. Tindak lanjuti dengan pertemuan tindak lanjut atau panggilan telepon untuk membahas temuan Anda. Dengan cara ini, Anda akan memastikan aktivitas belajar Anda memenuhi harapan siswa Anda dan Anda mendapatkan hasil maksimal dari investasi waktu Anda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x