Mohon tunggu...
Ega Subekti
Ega Subekti Mohon Tunggu... Tutwurihandayani

Perkenalkan saya Ega Subekti, salam kenal...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

RPP Daring Kelas 2 SD Format Satu Lembar

17 September 2020   20:08 Diperbarui: 22 September 2020   16:25 582 0 0 Mohon Tunggu...

RPP Daring Kelas 2 SD Format Satu Lembar - Sebuah rencana pelajaran untuk instruksi kelas adalah garis besar dari instruksi kelas yang mencakup urutan pelajaran yang direncanakan untuk pelajaran tertentu. Format paling populer yang digunakan dalam pengajaran di kelas saat ini adalah gaya mengajar satu-satu. 

Seorang guru yang baik merencanakan kurikulum suatu pelajaran dan kemudian menugaskan kegiatan penelaahan individu yang dia anggap relevan dengan pelajaran tertentu. Proses ini membantu siswa untuk memahami informasi lebih cepat dan menyimpannya dengan lebih baik.

Baca Juga tulisan saya sebelumnya:

Pentingnya Rencana Pelajaran yang Baik

Sebuah rencana pelajaran biasanya terdiri dari beberapa bagian yang berbeda. Bagian pertama dari sebuah rencana biasanya berisi konten untuk pelajaran berikutnya. Seorang guru dapat memasukkan berbagai jenis materi ke dalam rencana pelajarannya. 

Penting agar konten disajikan sedemikian rupa sehingga menarik dan bermanfaat bagi siswa. Ketika seorang siswa belajar lebih banyak tentang topik tertentu melalui membaca, dia akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang topik itu. Oleh karena itu, ketika dia belajar untuk mata pelajaran tertentu, seorang siswa harus dapat memahami apa yang dia pelajari dan tidak perlu menebak-nebak jawaban yang benar.

Bagian kedua dari rencana pelajaran biasanya melibatkan daftar mata pelajaran yang akan dibahas. Selain menjelaskan cara belajar tentang mata pelajaran, guru juga perlu memberikan beberapa contoh yang berlaku untuk mata pelajaran tersebut. Seorang guru mungkin ingin melakukan perjalanan ke lingkungan alami untuk membantu siswa memahami konsep yang berhubungan dengan alam. Setelah menyelesaikan tugas, siswa tersebut harus memiliki pengetahuan tentang topik itu. 

Meskipun instruktur mungkin ingin memasukkan informasi tentang hewan dan topik lainnya, itu tidak boleh digunakan sebagai keseluruhan bagian dari rencana pelajaran. Agar siswa memiliki pemahaman yang lengkap tentang subjek tersebut, siswa harus melihatnya secara visual serta mendengarnya. Jika siswa diberikan cara berbeda untuk memahami subjek, siswa akan dapat mengingatnya dalam pikirannya dan menerapkannya.

Dapatkan contoh lengkap RPP Daring Kelas 2 SD Format Satu Lembar melalui halaman berikut.

Di bagian ketiga dari rencana, urutan langkah harus ditentukan. Urutan langkah ini harus disertakan karena itu akan membantu siswa mempelajari bagaimana membawa pelajaran ke arah yang berbeda. Ini juga harus memberi siswa kerangka kerja yang dia dapat kerjakan untuk menyelesaikan aktivitas. Penting agar urutan langkah mudah diikuti karena akan memudahkan siswa untuk belajar.

Langkah keempat adalah penyusunan catatan kegiatan yang terjadi secara berurutan. Ini sering disebut pekerjaan rumah. Karena tugas itu sangat penting, guru biasanya akan meminta siswa untuk membuat kerangka rinci dari semua tugasnya sebelum kelas. Beberapa guru bahkan membuat jurnal untuk setiap tugas yang berisi informasi yang diperlukan. Namun, terserah siswa untuk menuliskan informasi yang diperlukan pada kartu catatan dan menyerahkannya untuk ditinjau di akhir kelas.

Setelah semua materi ini disusun ke dalam RPP, sekarang saatnya untuk mereviewnya untuk memastikan bahwa semuanya sudah sesuai untuk kelas. Setelah meninjau rencana tersebut, seorang guru dapat menggunakan informasi ini untuk memulai pelajaran berikutnya dan menugaskan topik atau materi berikutnya. 

Rencana yang baik memastikan bahwa siswa tidak akan pernah bosan dan dia akan selalu belajar sesuatu yang baru di kelas. Dengan mengajari siswa bagaimana merencanakan pelajaran mereka sendiri, seorang guru akan memastikan bahwa dia akan mendapatkan pendidikan yang efektif dari gurunya.

VIDEO PILIHAN