Mohon tunggu...
Guru PGRI
Guru PGRI Mohon Tunggu... Tutwurihandayani

Perkenalkan saya Budiman, salam kenal...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

RPP Daring Kelas 6 SD Format Satu Lembar

18 September 2020   21:16 Diperbarui: 22 September 2020   16:24 357 0 0 Mohon Tunggu...

RPP Daring Kelas 6 SD Format Satu Lembar - Rencana pelajaran untuk topik tertentu adalah deskripsi formal siswa tentang program studi atau "lintasan pembelajaran" untuk mata pelajaran itu. Seorang guru biasa mengembangkan rencana pelajaran mingguan untuk siswanya, dan ini dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan minat individu setiap siswa. Rincian akan tergantung pada kebutuhan dan preferensi khusus masing-masing siswa, serta gaya mengajar dari guru tertentu.

RPP dapat memberikan tata cara yang logis, teratur, dan teratur di mana bahan ajar disajikan dan dibahas. Ini juga memungkinkan guru untuk meninjau apa yang telah dipelajari selama minggu itu. Ini sangat berharga bagi seorang guru. Namun, ada beberapa kekurangan dari jenis perencanaan ini.

Baca Juga:

RPP Daring Kelas 1 - 6 SD/MI Format Satu Lembar

Kelemahan pertama dan paling jelas dari menggunakan rencana mingguan adalah membatasi rentang perhatian siswa. Bagi banyak siswa, pemikiran untuk menjadi sasaran informasi yang sama selama rentang waktu seminggu sangatlah luar biasa. Ini juga menghilangkan kesenangan siswa terhadap mata pelajaran tertentu.

Masalah lain dengan rencana mingguan adalah bahwa rencana tersebut terlalu kaku untuk beberapa siswa, sementara yang lain memiliki waktu yang lebih mudah untuk menyesuaikan. Mungkin ada beberapa orang yang membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dalam jadwal mereka untuk berpartisipasi penuh dalam subjek tertentu, sementara mungkin ada orang lain yang dapat melakukannya dengan lebih baik ketika mereka memiliki lebih banyak struktur. Selain itu, tidak semua guru menggunakan rencana mingguan, sehingga ada yang merasa bahwa buku agenda bulanan lebih cocok untuk mereka.

Download Contoh Lengkap di:


Jika Anda mengajar, rencana mingguan mungkin merupakan cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda dapat mengajar siswa Anda secara efektif dan efisien. Namun, jika Anda ingin rencana Anda fleksibel, dan Anda harus mengubah rencana pelajaran Anda berdasarkan kebutuhan siswa Anda, Anda mungkin perlu menggunakan agenda bulanan.

Saat mempertimbangkan jenis rencana pelajaran apa yang terbaik bagi Anda, pastikan Anda mempertimbangkan kebutuhan khusus siswa Anda. Misalnya, jika siswa Anda sangat sibuk dan membutuhkan banyak waktu untuk meninjau dan mempersiapkan, Anda mungkin perlu menggunakan rencana mingguan.

Jika Anda seorang guru yang sedikit lebih aktif, Anda mungkin lebih baik dengan rencana mingguan. Ini berarti bahwa Anda perlu meluangkan banyak waktu untuk mempersiapkan rencana pelajaran untuk setiap kelas individu. Namun ini tidak selalu diperlukan, karena banyak guru menemukan bahwa setelah ruang kelas diatur, mereka dapat dengan mudah mempersiapkan rencana pelajaran mingguan untuk setiap siswa.

Ketika memutuskan apakah akan menggunakan rencana mingguan, Anda juga hendaknya mempertimbangkan jenis materi yang Anda rencanakan untuk dibahas setiap minggu dalam rencana pelajaran Anda. Ini mungkin termasuk informasi untuk pekerjaan rumah, tes, kuis, dan tugas. Topik yang dibahas harus berhubungan langsung dengan materi pelajaran di kelas. Ini dapat membantu menentukan jenis pengajar yang Anda butuhkan.

Menggunakan rencana pelajaran penting bagi setiap guru. Ini memberikan cara yang logis dan teratur untuk membuat dan menyajikan informasi yang dapat dengan mudah mengarah pada pembelajaran yang efektif. Apakah Anda seorang guru yang ingin menggunakan rencana mingguan atau guru privat, perencanaan rencana pelajaran harus dipertimbangkan sebagai suatu keharusan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x