Mohon tunggu...
Ega Subekti
Ega Subekti Mohon Tunggu... Tutwurihandayani

Perkenalkan saya Ega Subekti, salam kenal...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

RPP Daring Kelas 4 SD Format Satu Lembar

18 September 2020   19:09 Diperbarui: 22 September 2020   16:25 997 0 0 Mohon Tunggu...

RPP Daring Kelas 4 SD Format Satu Lembar - Sebuah rencana pelajaran adalah garis besar dari program penelaahan atau pengajaran tertentu untuk pelajaran tertentu. Ini biasanya dibuat oleh seorang profesional pengajar untuk memandu pembelajaran sepanjang semester. 

Detailnya dapat bervariasi sesuai dengan minat guru, mata pelajaran yang dipelajari, dan kebutuhan keseluruhan siswanya. Rencana pelajaran yang dikembangkan dengan baik akan membantu semua siswa memahami pelajaran dan mempertahankan apa yang telah mereka pelajari.

Proses perencanaan pelajaran dapat mencakup beberapa langkah. Pertama, pertemuan kelas akan diadakan untuk membahas topik yang akan dibahas dalam pelajaran dan untuk meninjau serta memperbarui informasi atau sumber apa pun yang diperlukan. 

Kedua, daftar bahan yang dibutuhkan akan dibuat dan diskusi akan berlangsung tentang cara terbaik untuk menemukan dan memperoleh bahan tersebut. 

Ketiga, daftar tujuan pelajaran akan disusun. Ini akan menjadi panduan bagi guru agar dia dapat menetapkan tujuan dan sasaran pelajaran yang diinginkan. K

eempat, rencana tertulis dan terorganisir akan disusun oleh guru. Rencana ini akan dipresentasikan kepada kelas, orang tua, dan guru lain di area tersebut untuk lebih mendefinisikan pelajaran.

Baca Juga:

Rencana tertulis akan menjadi bagian penting dari proses perencanaan pembelajaran setiap guru. Ini akan berfungsi sebagai alat yang berguna untuk mengingatkan siswa tentang apa yang perlu mereka ingat selama pelajaran. Ini juga akan menjadi panduan bagi orang tua untuk bimbingan ketika mereka mengunjungi kelas untuk memeriksa kemajuan anak-anak mereka.

Download Contoh Lengkapnya di:


Proses pembelajaran harus terstruktur untuk memastikan bahwa semua informasi atau materi diatur. Seseorang dapat mengatur materi dan kegiatan dengan cara yang terorganisir berdasarkan tugas kelas. Ini juga disebut sebagai pendekatan "sistematis". 

Seseorang dapat mengatur materi berdasarkan mata pelajaran, pelajaran, atau semester, tergantung berapa lama pelajaran akan berlangsung. Pendekatan sistematis akan memastikan bahwa semua pembelajaran konsisten. Ini juga memberikan kerangka kerja untuk mengevaluasi upaya setiap siswa dan gambaran umum dari semua mata pelajaran yang tercakup dalam pelajaran.

Rencana tersebut juga harus mencakup daftar tes yang akan diberikan dan jadwal penyelesaian. Jadwal harus mencakup waktu dan tempat untuk kuis, kerja kelompok, kelompok diskusi, dan tugas pekerjaan rumah individu. 

Jika item ini dapat diselesaikan sebelumnya, rencana tersebut akan membantu siswa tetap fokus pada tema utama pelajaran mereka. Jadwal juga harus mencantumkan urutan presentasi dan jenis kegiatan yang akan digunakan. Jika kegiatan akan diulang, jadwal harus menyatakan urutan presentasi yang tepat dan kapan harus diberikan berikutnya.

Pentingnya Rencana Pelajaran yang Baik dan Sederhana

Singkatnya, sebuah rencana akan memberikan dasar-dasar dan kerangka kerja untuk semua jenis pelajaran, apakah itu pelajaran membaca, matematika, kimia, bahasa Inggris, IPS, atau sejarah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN