Mohon tunggu...
Petra Carmelita
Petra Carmelita Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

🦕

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

User Generated Content dalam Jurnalisme Online

24 Oktober 2021   14:30 Diperbarui: 24 Oktober 2021   14:31 155 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

User Generated Content atau Konten Buatan Pengguna sesuai dengan namanya merupakan konten media yang mulai dari pra produksi, produksi, hingga proses publikasinya dilakukan oleh masyarakat biasa atau bukan jurnalis profesional. 

Pernahkah kalian mendengar istilah User Generated Content? kalau belum pernah, posisikan diri kalian senyaman mungkin dan simak penjelasan di bawah ya!

Pada era media baru, konten media sudah sangat bervariasi dan terkonvergensi. Mulai dari surat kabar, siaran televisi, hingga radio semuanya sudah terhubung dengan jaringan internet. 

Dengan begini semua orang dapat mengakses berbagai konten yang mereka inginkan dengan lebih mudah, yaitu kapan saja dan di mana saja. Konten media yang dihasilkan sekarang juga tidak hanya berbentuk teks atau audio saja, namun menggabungkan beberapa elemen lainnya sebagai penambah informasi.

Sumber foto : Pexels/Kaboompics.com
Sumber foto : Pexels/Kaboompics.com

Mari mengambil contoh dalam dunia jurnalisme. Ketika kita melihat berita online, berita yang disuguhkan tentu tidak hanya berbentuk tulisan saja, ada juga gambar, video, foto, ilustrasi sebagai pelengkap informasi tertulis. Gabungan dari beberapa media inilah yang dinamakan dengan multimedia. 

Untuk tahu lebih lanjut tentang perbedaan jurnalisme online dan jurnalisme multimedia, kalian bisa klik di sini ya :D

Bersamaan dengan konten media yang semakin berkembang, begitu juga dengan audiens. Perkembangan tersebut membuka kesempatan bagi para audiens untuk terlibat secara aktif dalam pembuatan konten.  

Sumber foto : Pexels/Fox
Sumber foto : Pexels/Fox

Audiens tidak lagi bersifat pasif yang hanya menerima informasi yang diberikan ke mereka, namun juga memberikan umpan balik terhadap informasi tersebut. Bahkan audiens sekarang bisa menjadi pemberi informasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan