Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Komunitas Lawan Corona

7 April 2020   13:34 Diperbarui: 7 April 2020   13:38 66 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komunitas Lawan Corona
Dok labana.id

Tindakan positif dalam cegah corona, adalah menyebarluaskan edukasi cegah corona pakai konten, disinilah para kompasianer bisa menulis artikel setiap hari dengan berperan aktif melakukan edukasi cegah corona, termasuk jangan menyebarkan berita hoaks. misalkan informasi tentang masker di fasilitas kesehatan di Kabupaten Brebes wajib memakai masker. 

Ada 58 Anggota Kompasianer Brebes Community atau Kombes yang sudah punya register Kombes dengan pemberian ID KBC sebagai bentuk pengakuan anggota tersebut masuk dalam komunitas ini. Sehingga pihak kompasiana pusat memfasilitasi beberapa komunitas kompasiana yang ada di Indonesia untuk tetap produktif menulis edukasi corona. 

Anggota komunitas juga harus aktif lewat konten positip yang ada di daerah, baik itu terkait Masker, CTPS, apa perbedaan pandemi dengan bencana, bagaimana warga cegah corona, Pemdes tanggap corona, termasuk organisasi masyarakat dan para relawan peduli corona. 

Informasi dari nitizen jurnalism atau dikenal dengan jurnalis warga ini sangat penting, karena mereka cepat dalam mencari berita disekitar kampung-kampung, dan bagaimana kegiatan atau aktivitas warga dalam menyikapi sebuah kebijakan pemerintah apakah dipatuhi atau ada yang melanggar, pemberitaan ataupun bentuk artikel yang ada disekitar kampung anda bisa menjadi bahan informasi yang luar biasa, tentunya dengan berita yang berimbang atau informasi berimbang. 

Informasi berimbang ini maksudnya pemberitaan yang disampaikan memenuhi unsur 5W+1H, seperti halnya kaidah jurnalistik dalam meliput pemberitaan, termasuk dalam membuat artikel juga didasarkan dengan berbagai referensi yang positip dengan rujukan FAQ yang ada di portal covid19.go.id

Oh ya sahabat, sebagai gambaran tema yang lagi diangkat di Kompasiana terkait corona bisa dicek disini 

Semoga kita tetap ngeblog dirumah, produktif, dan bermanfaat untuk umat. Ayo Cegah Corona, Pakai Masker saat keluar rumah, sebaiknya dirumah aja, Hindari kegiatan yang banyak orang, tetap sregep CTPS pakai air mengalir, dan Makan Gizi seimbang serta tetap olahraga. 

Dok Kompasiana.com
Dok Kompasiana.com

VIDEO PILIHAN