Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Program Artikel Utama

Daripada Bingung Mau Ngapain, Mending Kita #NgeblogDiRumah

29 Maret 2020   01:09 Diperbarui: 15 April 2020   16:44 2266 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daripada Bingung Mau Ngapain, Mending Kita #NgeblogDiRumah
Yuk #NgeblogDiRumah! - ilustrasi diolah dari sumber Unsplash.

Hampir dua pekan berlalu sejak imbauan "di rumah aja" menggaung. Sejumlah pelaku usaha lantas menugaskan pegawainya untuk bekerja dari rumah demi mencegah persebaran virus. Demikian pula sekolah dan kampus meminta siswanya untuk melakukan online-learning dari rumah.

Selain belajar dan bekerja, orang-orang pun pun sedang giat-giatnya mencari aktivitas alternatif supaya tak bosan. Nah buat kamu shobat rebahan yang sudah mati gaya, Kompasiana mau ngajak kamu ikut gerakan #NgeblogDiRumah! Selain ampuh buat ngabisin waktu, #NgeblogDiRumah bisa jadi ajang membangun reputasi dan meluaskan jejaring. Terlebih kalau konten yang kamu hasilkan itu bernilai positif dan membantu banyak orang!

Apalagi kalau ngeblognya di Kompasiana, kan! Nih kami kasih bocoran "menu" apa saja yang bisa kamu pilih di Kompasiana sepanjang April 2020

  1. Topik Pilihan seputar Covid-19
    Kompasiana telah banyak mengeluarkan Topik Pilihan terkait Covid-19. Yuk ikutan nulis untuk topik-topik tersebut! Masyarakat butuh banget lho konten-konten bermanfaat dan positif supaya mereka nggak stres di rumah.

    Wartakan Kondisimu Selama Covid-19
    Sebagai media alternatif yang mendukung konten lokal, kami mau mengajak kamu untuk mengabarkan kondisi Covid-19 di sekelilingmu, mulai dari kebutuhan tenaga medis sampai semangat juang penduduknya. Dengan demikian, berita lokal juga mendapat perhatian. Siapa tahu ada pembaca yang berinsiatif membantu!

    PSBB, Inikah yang Ditunggu?
    Presiden Joko Widodo telah memilih untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Indonesia, diikuti dengan pemberian sejumlah suplemen bagi warga lapisan bawah. Pemerintah daerah juga diminta untuk tidak mengambil keputusan karantina tanpa koordinasi dengan pusat. Kamu punya opini mengenai ini? Yuk suarakan!

    Tidak Ada Mudik Tahun Ini
    Imbauan untuk tidak melakukan mudik kian digencarkan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dari wilayah pandemi ke daerah steril lainnya di Indonesia. Arahan ini tentunya membawa dilema tersendiri kepada para perantau yang tak lagi mendapatkan penghasilan harian. Belum lagi kita akan memasuki Ramadan, bulan yang identik dengan "pulang".

    Nonton di Rumah
    Di rumah aja, enaknya nonton film! Menyambut Hari Film Nasional pada tanggal 30 Maret, mari rekomendasikan deretan film Indonesia yang kisahnya dapat memantik semangat supaya para pejuang Covid-19 tetap optimis.

    Di Rumah Doang tapi Kok Malah Boros?
    Beli masker, kuota internet, beli pembersih rumah, tagihan listrik naik, dan pengennya order makanan terus. Duh, kok di rumah malah jadi boros! Punya pengalaman yang sama? Atau justru kamu tipe yang bisa menghemat di masa-masa seperti sekarang? Bagi tipsnya dong~

    Mari Mendongeng di Rumah!
    Merasa kesulitan menghadapi anak yang tantrum lantaran bosan di rumah? Mengapa tak mencoba aktivitas dongeng? Selain menghidupkan imajinasinya, mendongeng juga dapat membuat anak lancar berkomunikasi.

  2. K-Rewards
    Siapa yang mau nulis, terus dibayar per pageview? Kalau mau, kamu mesti tahu kalau nulis di Kompasiana tuh bisa buat sembari nyari uang saku melalui program K-Rewards. Di setiap bulannya bakal ada tantangan tersendiri bagaimana cara mendapatkan pendapatan lebih besar. Buruan cek Syarat dan Ketentuannya dan buktikan bahwa #NgeblogDiRumah beneran bisa menghasilkan!

  3. Blog Competition dan Event
    Di Kompasiana tuh banyak banget kompetisi menulis berhadiah jutaan rupiah. Cekidot apa aja blog competition di bulan April ini!

    1. Bank Indonesia: Yuk Jaga Stabilitas Sistem Keuangan #MakroprudensialAmanTerjaga
    Kompetisi ini dibagi menjadi 2 periode. Artikel terbaik kedua periode akan memperebutkan hadiah total 44 juta rupiah. Di periode 1, kamu diminta mengedukasi masyarakat untuk ikut menciptakan Stabilitas Sistem Keuangan di masa pandemi Covid-19. Info lebih lanjut, cek di pengumuman lomba ya!

    Kami akan update terus event yang berlangsung di Kompasiana pada halaman ini. Boleh juga cek halaman Event biar nggak ketinggalan informasi!

Jadi, siapa bilang di rumah aja nggak bisa banyak kegiatan? Catat ya, di Kompasiana ada 4 Topik Pilihan yang diluncurkan setiap minggunya, kurang banyak apa lagi coba! Ada juga K-Rewards, Blog Competition, dan konten-konten menarik yang bisa kamu baca sembari santai. Pantau terus halaman ini untuk tahu apa saja keseruan yang menemani masa-masa kamu #NgeblogDiRumah!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x