Mohon tunggu...
Anwar Effendi
Anwar Effendi Mohon Tunggu... Jurnalis - Mencari ujung langit

Sepi bukan berarti mati

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Semua Kegiatan Bisa Menjadi Bahan Tulisan

3 Juni 2020   10:43 Diperbarui: 7 April 2021   16:14 2910
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apa pun yang terjadi catat saja, nanti bisa menjadi bahan tulisan. (SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com)

Hobi menulis ya? Mungkin saya termasuk yang telat menekuni hobi menulis. Tapi itu tidak jadi soal, karena lebih baik telat ketimbang sama sekali tidak mencoba.

Kapan dong mencobanya? Ya kalau ada niat, langsung saja mulai. Jangan ditunda-tunda lagi. Saat menemukan ide menulis, buruan corat-coret. Ambil pulpen dan buku catatan. Karena menemukan ide itu agak susah, maka langsung saja catatan-catatan kecil dibuat, saat ide datang.

Saya sendiri punya hobi mencatat segala kegiatan pas duduk di bangku SMA. Awalnya ada tugas dari guru bahasa Indonesia. Tugasnya membuat resensi buku. Di antara teman-teman sekelas, saya lebih dulu menyelesaikan tugas itu. Kebetulan tugas saya itu mendapat nilai bagus.

Keruan saja banyak teman yang akhirnya minta dibuatkan tugas resensi buku kepada saya. Dari sanalah saya mmulai menekuni baca sejumlah buku kemudian dibuatkan resensinya. 

Jadi saling melengkapi antara hobi membaca dengan menulis. Dengan rajin membaca, jadi banyak pengetahuan untuk menulis.

Hobi menulis saya akhirnya makin spesifik. Ini terkait dengan kebiasaan saya lainnya yang suka jalan-jalan. Seusai aktivitas jalan-jalan, saya coba catat apa saja yang terjadi dan dialami. Kebetulan saya menemukan wadah untuk menyalurkan hobi menulis kegiatan jalan-jalan.

Saya masih ingat betul waktu itu di Kota Cirebon, ada koran lokal bernama "Pikiran Rakyat Edisi Cirebon". Koran tersebut sebenarnya jenis Koran Masuk Desa (KMD),.

Baca Juga: Mari Kita Menulis Bebas dengan Gaya Masing-Masing

Namun di dalamnya menyediakan rubrik dari sekolah ke sekolah. Isi tulisannya mengenai kegiatan sekolah dan aktivitas pelajar. Saya coba kirim tulisan tentang kegiatan pelajar dan beberapa kali dimuat di koran tersebut.

Sering dimuat, membuat saya semakin rajin membuat tulisan. Setiap ada kegiatan studi tour dari sekolah, saya catat kegiatannya dan dibumbui dengan pengalaman-pengalaman pribadi. Hasil tulisannya kemudian dikirim ke koran "Pikiran Rakyat Edisi Cirebon".

Tulisan pertama yang dimuat tentang perjalanan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Terus berlanjut jalan-jalan ke Tangkuban Parahu Kabupaten Bandung. 

Ada juga tulisan dari pengalaman ke Pantai Bulakamba Brebes. Sampai beberapa tempat wisata lokal seperti Telaga Remis dan Taman Purbakala Cipari Kuningan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun