Paulya Leihitu
Paulya Leihitu Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Fakultas Pertanian dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Ternyata yang Indah Tidak Selamanya Menguntungkan

17 Maret 2019   22:00 Diperbarui: 17 Maret 2019   23:00 137 17 11
Ternyata yang Indah Tidak Selamanya Menguntungkan
8villages.com

Pernahkah kalian melihat tanaman kalian yang seharusnya berdaun hijau tetapi terdapat warna ungu dipinggi-pinggir daunnya sama seperti foto pada judul artikel diatas? Bagaimana menurut kalian apakah terlihat indah? Kalau kalian berpikir seperti itu kalian sama seperti saya hehehe. 

Mungkin bagi kita yang sering melihat daun berwarna hijau akan sedikit menarik dan unik kalau menemui daun seperti diatas karena jarang ditemui. Tetapi teman-teman ternyata hal ini bukanlah hal baik terutama bagi para petani karena sebenarnya daun-daun seperti itu adalah gejala tanaman yang kekurangan unsur hara fosfor.

Tanaman membutuhkan unsur hara bagi kehidupannya salah satunya adalah unsur hara fosfor yang dilambangkan P. Fosfor sendiri berperan penting dalam berbagai proses yaitu fotosintesis, asimilasi, dan respirasi, fosfor dibutuhkan oleh tanaman untuk pembentukan sel pada jaringan akar dan tunas yang sedang tumbuh serta memperkuat batang sehingga tidak mudah roboh. 

Fosfor sendiri sebenarnya bisa didapatkan dari bahan organik, batuan-batuan mineral dan juga pupuk fosfor itu sendiri, biasanya petani menggunakan pupuk SP-36, TSP atau pupuk NPK untuk memberikan tambahan kandungan unsur hara fosfor untuk tanaman. Dari penjelasan tersebut membuat fosfor sangat dibutuhkan oleh tanaman tetapi apakah kalian tahu kalau fosfor dapat tidak tersedia oleh tanaman? Hal ini bisa karena dapat terikat oleh senyawa lain yaitu alumunium, besi dan kalsium. Senyawa-senyawa ini biasanya terdapat pada tanah masam dan basa.

Tanah masam dan basa

Tanah masam adalah tanah yang memiliki pH kurang dari 7 sedangkan tanah basa adalah tanah yang memiliki pH lebih dari 7. Tanah masam kaya akan unsur alumunim dan besi didalamnya, seperti penjelasan diatas fosfor akan tidak tersedia oleh tanaman karena diikat oleh alumunium dan besi sedangkan tanah basa kaya akan kalsium, sama seperti besi dan alumunium kalisium juga dapat mengikat fosfor yang membuat fosfor menjadi tidak tersedia untuk tanaman.

Dari penjelasan diatas kita sudah tau kan kalau keindahan yang kita lihat itu sebenarnya bukan hal baik bagi tanaman, itulah pengetahuan mengenai kebutuhan hara harus kita memiliki agar kita tidak tertipu oleh keindahan yang merugikan. Jadi teman-teman sudah tau kan kalau keunguan pada daun tersebut adalah salah satu tanda kalau tanaman mengalami penyakit karena kekurangan unsur hara fosfor yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, seperti layaknya manusia kita juga harus merawat tanaman agar dia tumbuh sesuai dengan mestinya.