Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Optimis Harus Dibangun, Belajar dari Johnny Plate Mengenai UMKM

18 Juli 2021   18:23 Diperbarui: 18 Juli 2021   18:29 155 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Optimis Harus Dibangun, Belajar dari Johnny Plate Mengenai UMKM
liputan6.com

Optimisme Harus Dibangun, Belajar dari Johnny Plate Mengenai UMKM

UMKM dan Umi menyumbang 60% lebih PDB. Potensi amat besar yang tidak boleh lengah untuk digarap namun juga sekaligus diperhatikan. Pembinaan mulai dari perencanaan, produksi, hingga pemasaran menjadi penting.

Era ketergantungan pada sumber daya alam perlu mulai ditinggalkan sebagai sebuah fokus dalam pembeayaan negara. Tentu bukan sepenuhnya mengabaikan itu, namun ada cara lain untuk mendapatkan pendapatan negara yang jauh lebih panjang dan menjanjikan.

Alam semesta juga tidak tereksploitasi secara berlebihan, jika mulai bergeser demikian. alam semesta menjadi penunjang. Jangan sampai seperti Nauru. Masa pengelolaan sumber daya alam itu sangat terbatas.

Nauru pada tahun 60-an hingga 70-an berjaya dengan pendapatan perkapita warganya sangat tinggi. Saking kayanya, mereka menggunakan uang untuk maaf tisu toilet. Kini setengah abad berikutnya,  mereka terpuruk. Phosfat habis, tanah rusak, dan tidak lagi memiliki apa-apa, warganya sudah terlalu manja dan tergantung.

Nah, negeri ini berbeda, kaya akan sumber daya alam, namun tidak sepenuhnya warga mendapatkannya, sehingga malas dan manja tidak merusak tabiat anak negeri ini. Salah satu  harapan baru ada pada perdagangan digital.

Johnny Plate sebagai Menkominfo menangkap signal baik ini, merespons ajakan Presiden Jokowi agar pelaku perdagangan digital semakin bergairah. Apalagi dengan kedatangan badai pandemi, perdangan mulai berubah drastis. Orang dipaksa di rumah saja, dan semua ada di genggaman dalam perdagangan digital.

Penjual dan pembeli ada dalam dunia yang berbeda. Pasar, toko, ataupun warung sudah mulai beralih. Pada debat capres dulu, Jokowi mengajak rivalnya Prabowo berbicara ini. Hal yang  di luar dugaan ternyata jauh lebih cepat karena pandemi ini. Suka atau tidak, kedatangan covid ini mengubah banyak hal. Salah satunya perdagangan.

Dua hal yang Johnny Plate soroti mengenai dunia ini, yaitu komunitas e-commerce dan komunitas UMKM. Masing-masing harus sinergis.

Menkominfo, Johnny Plate menyatakan pihaknya telah menyiapkan kebijakan pelindungan data pribadi serta logistik untuk mendukung transaksi elektronik.

"Diantaranya infrastruktur digital, pelindungan data pribadi yang saat ini sedang hangat. Saya secara khusus mau meng-address itu juga. Logistik, penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik dan pengendalian informatika, kompetisi fair level of playing field, kita perlu digitalisasi UMKM," paparnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN