Mohon tunggu...
Paramudita Arbi N
Paramudita Arbi N Mohon Tunggu... Mahasiswi semester 6

i am human just like you

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Nongkrong Gratis di Pinggir Rel Sepur Gamping Yogyakarta

21 Juni 2021   13:10 Diperbarui: 21 Juni 2021   14:07 566 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nongkrong Gratis di Pinggir Rel Sepur Gamping Yogyakarta
by : Paramudita A.N

Yogyakarta, terkenal dengan kota wisata dan pelajar karena dilihat dari keunikan bangunan yang tersusun rapih di tengah kota. Jogja pun menjadi kota pelajar, budaya dan wisata. Banyak wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan dari luar kota maupun wisatawan asing. Jogja terkenal dengan keindahan yang tak diragukan lagi seperti pantai selatan jawa, pantai parangtritis, pantai Baron , pantai Indrayati yang terletak di daerah Gunungkidul dan masih banyak lagi tempat yang dapat di kunjungi. Tak jarang wisatawan yang berkunjung tentunya tidak lupa dengan kuliner gudeg dan angkringan yang menjadi ciri khas kota Yogyakarta.

Selain tempat wisata yang terkenal di kota Yogyakarta, ada satu tempat yang cukup menarik, mungkin banyak orang bahkan tak terfikirkan. Tempat ini berada di samping rel Kereta Api Gamping Yogyakarta. Tempat nongkrong gratis ini biasa di kunjungi oleh keluarga, Mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum. Mereka menghabiskan waktu sore hari menjelang matahari terbenam di rel kereta api Gamping Yogyakarta. Selain tempatnya yang unik, banyak jenis makanan, minuman dan mainan yang dijual oleh para pedagang diantaranya sate ayam, telur gulung, batagor dan cilok. Dengan pemandangan senja yang sangat indah mereka tidak perlu membayar parkir, dan disuguhkan dengan berbagai macam makanan dan minuman serta menikmati kereta api yang sedang melintas. Dengan segala keamanan yang diciptakan ditengah pandemi , wisatawan juga kerap menerapkan protocol Kesehatan (Mencuci tangan, Memakai Masker, dan Menjaga jarak).

Eza Qurnia adalah salah satu Mahasiswa yang diwawancai pada Hari Minggu, (30/05) mengatakan “bahwa ia merasa senang dapat menemukan tempat nongkrong gratis sesuai dengan budget tetapi memiliki pemandangan senja yang sangat indah,menjadikan tempat ini sebagai wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi”.

Sebenarnya ada banyak pilihan tempat nongkrong asik di Jogja dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Namun nongkrong gratis dipinggir rel kereta menjadi daya Tarik tersendiri bagi wisatawan karena tempat yang asik, nyaman dan harga yang terjangkau.

Nongkrong gratis di pinggir rel kereta biasa dikunjungi oleh wisatawan dari setelah asar hingga menjelang magrib.

Tazkiyah Amani adalah salah satu warga lokal yang diwawancarai pada Hari Senin, (21/06) mengatakan "pada saat mengalami saya mengalami strees karena tugas kuliah, saya menghabiskan waktu untuk rehat sejenak dipinggir rel kereta api, hanya untuk melihat orang yang sedang berjalan-jalam dan kereta api yang sedang melintas. "

tanpa menghabiskan banyak uang , wisatawan sudah bisa menikmati indahnya senja dilangit Yogyakarta. Di tengah pandemi seperti ini, nongkrong gratis di pinggir rel kereta api menjadi salah satu wisata yang menarik dan unik. Pasalnya tidak hanya keluarga yang datang untuk melihat indahnya sore Jogja, para Mahasiswa pun juga banyak menghabiskan waktu untuk nongkrong atau wisata gratis disini karena budget yang dikeluarkan sangat sesuai dengan kondisi kantong mahasiswa. Hal ini memberi kepuasan tersendiri bagi para penikmat senja untuk menciptakan tren baru yang unik dan murah tetapi masih sangat asik untuk dilakukan. Para wisatawan yang datang untuk menikmati suasana senja dan hilir mudiknya kereta api juga dapat membantu para pedangan sekitar menghasilkan pundi-pundi rupiah. Di tengah suasana pandemic seperti saat ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan semakin sulit menghidupi keluarganya maka dari itu dengan wisata rel kereta ini juga diharapkan dapat membantu sedikit dari perekonomian mereka.

Banyaknya kereta api yang lewat juga menarik perhatian anak kecil. Mereka antusias untuk melihat kereta api dan juga membeli jajanan yang ada disana. Hal ini menambah keramaian di wisata ini.

VIDEO PILIHAN