Mohon tunggu...
Opa Jappy
Opa Jappy Mohon Tunggu... Konsultan - Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

http://jappy.8m.net

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengontrol Anak Bermain Gawai, Apa yang Dikontrol?

7 Juni 2020   19:31 Diperbarui: 7 Juni 2020   19:59 91 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengontrol Anak Bermain Gawai, Apa yang Dikontrol?
Dokumentasi Pribadi

Tentang Game

'Game (dari Bahasa Inggris)'  yang telah 'menjadi' Bahasa Indonesia; game dimaknai sebagai permaianan elektronik; dilakukan atau dimainkan dengan menggunakan (i) perangkat elektronik, misalnya komputer, televis, laptop, telepon genggam, dan lain sebagainya tanpa akses internet atau offline, (ii) perangkat elektronik ditambah akses internet atau online. 

Umumnya, game dirangcang agar mudah dimainkan (orang bermain), gampang diakses, serta untuk semua renatang usia; di samping itu, game juga memiliki tingkat atau level kesulitan mudah hingga tinggi. 

Juga, agar mendapat perhatian pengguna atau mereka yang bermain, maka para perangcang game melakukan berbagai terobosan atau pun inovasi, antara lain;

(i) desain yang indah dan terlihat 3 dimensi atau semirip mungkin dengan gambaran asli, misalnya alam, manusia, binatang, dan lain sebagainya, 

(ii) tingkat kesukaran dan kerumitan yang berjenjang, dari rendah hingga tinggi, 

(iii) memancing atau membangkitkan 'emosi' pemain agar tampil sebagai pemenang,

(iv) membangkitakan keingintahuan atau pun mengetahui bagaimana akhir 'cerita atau missi' para tokoh yang ada pada game.

Karena bisa membangkitkan keingintahuan, emosi, semangat menemukan hal-hal baru, maka game pun, bisa difungsikan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, (i) hanya, sekedar, permainan, (ii) edukasi, latihan, penjelajahan, uji coba, (iii) stimulasi, (iv) judi, (v) berbayar, (vi) pertandingan virtual, (vi) bisnis, (vii) olahraga, dan lain sebagainya.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Lenteng Agung, Jakarta Selatan | Sejak kapan anda dan saya memiliki komputer, laptop, atau pun hp atau terbiasa dengan benda-benda tersebut?  Masih ingat? Ya, sejak waktu itulah, anda dan saya mulai mengenal game, yang pada awalnya hanya bermain offline. 

Namun, seiring dengan perkembangan tekhnologi dan mudahnya mengakses internet, maka 'bermain game' pun semakin bervariasi, jumlah, jenisnya, serta tingkat kemudahan dan kesukarannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x