Mohon tunggu...
Ony Edyawaty
Ony Edyawaty Mohon Tunggu... Guru - pembaca apa saja

hanya seorang yang telah pergi jauh dari rumah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Merajut Makna Menjahit Rencana: Sebuah Upaya Transformasi Diri Menjadi Penggerak

13 September 2021   22:09 Diperbarui: 14 September 2021   07:25 429 13 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Merajut Makna Menjahit Rencana: Sebuah Upaya Transformasi Diri Menjadi Penggerak
sumber: dokumentasi pribadi

Guru Penggerak bagi saya adalah sebuah peran di mana kita harus memberikan dampak bagi orang-orang di sekitar kita, Dampak ini harus terlihat, terkategori dan terukur.

Guru Penggerak memiliki kemiripan dengan influencer dalam versi pendidikan. Mereka yang sudah terpilih sebagai Guru Penggerak dan akan menjalani pendidikan selama sembilan bulan penuh, tentu bukanlah karakter-karakter kosong.

Bagaikan sebuah dinamit, di dalam kepribadian Guru Penggerak terdapat sebuah inti fusi yang akan menghasilkan ledakan besar.

Pada saatnya kelak, energi ini diharapkan mampu berperan bak lokomotif yang mampu menarik gerbong-gerbong penuh berisi penumpang menyongsong perubahan jaman. Karakter Guru Penggerak adalah mencintai dan selalu merasa tertantang pada sebuah perubahan.

Pada masa sekarang terlebih dengan belum tampaknya tanda-tanda pandemi Covid akan selesai, tatanan dunia hampir seluruhnya sedang bertransformasi. 

Terdapat hal-hal penting yang mengubah gaya komunikasi dan pola interaksi manusia, sejak diketahui virus ini sangat menular dan mampu menimbulkan efek yang fatal.

Interaksi memang terbatas secara fisik, namun terdapat kelompok-kelompok kecil yang berusaha membesar dalam ruang pemikiran atau ruang-ruang virtual di mana-mana.

Sekarang jamannya orang-orang berkumpul dengan Zoom meeting, jaringan internet tanpa henti dan gawai pintar sepanjang hari. 

Manusia secara fisik memang tersekat-sekat oleh batas wilayah dan tembok-tembok, namun secara non fisik, kita semua adalah sebuah kelompok besar yang siap hanyut bersama gelombang perubahan. 

Dunia mengecil dalam sebuah ukuran kotak kecil yang muat dalam satu genggaman tangan, namun daya jangkaunya membesar tiada terkira dalam waktu yang bersamaan.

Para Guru Penggerak menyadari sepenuhnya, gawai yang digenggam oleh murid-muridnya mampu membawa mereka dalam kecepatan dan jangkauan kognisi yang tidak terbayangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan