Mohon tunggu...
Nurmasa Sari
Nurmasa Sari Mohon Tunggu... Freelancer - Saya ingin menyebarkan informasi yang bermanfaat

Lakukan yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Wifi Sering Lelet karena Banyak Pengguna? Yuk, Ketahui Cara Membatasi Kecepatan Wifi!

31 Agustus 2021   13:13 Diperbarui: 9 September 2021   09:32 305 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wifi Sering Lelet karena Banyak Pengguna? Yuk, Ketahui Cara Membatasi Kecepatan Wifi!
unsplash.com

Apakah Anda terkadang merasa sangat kesal ketika sedang berinternet dengan menggunakan wifi yang niat Anda adalah agar hemat dan kecepatannya cepat malah yang terjadi adalah kecepatannya sangat lemot? Coba Anda melihat sekitar, apakah hanya Anda saja yang menggunakan sinyal wifi tersebut? jika memang Anda sebagai client, tentunya ada beberapa cara agar internet mu sendiri cepat, adalah dengan cara membatasi kecepatan wifi.

Ya, cara yang satu ini adalah cara yang sangat penting jika memang koneksi internet Anda sajalah yang sebenarnya sangat penting untuk mendapatkan sinyal yang bagus dan juga dengan kecepatan internet yang kencang. Mungkin ini terdengar individualis, namun faktanya banyak yang menggunakan cara ini agar terasa antara satu dengan yang lainnya merasa adil dan tidak semena-mena menggunakan koneksi internet yang mungkin saja gratis ini.

Sebelum Membatasi Kecepatan Wifi Anda Harus Melakukan Hal Ini

Sebelum Anda membatasi kecepatan wifi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan perhatikan terlebih dahulu. Karena jika beberapa step dibawah ini tidak Anda lakukan, maka yang terjadi selanjutnya adalah sia-sia. Simak pembahasan berikut untuk melakukan pembatasan kecepatan internet pada wifi Anda.

Cari IP Gadget yang Anda Gunakan

Cari alamat IP gadget misalkan saja pada router, umumnya ditulis di bawah router. Balikkan saja router dan lihat sisi bawahnya. Mayoritas router memiliki 192.168.1.1 atau 192.168.0.1. Setelah Anda mendapatkan alamatnya, buka salah satu browser web Anda.

Listing IP Gadget Anggota Rumah

Selanjutnya adalah dengan Anda mendata IP gadget yang sekiranya memang penting untuk gadget tersebut layak untuk tidak mendapatkan Batasan kecepatan internet. Misalkan saja pada rumah, Anda list satu persatu gadget anggota rumah Anda. Ini sangat penting agar tidak terjadi kesalah pahaman antara keluarga mengapa kecepatan internetnya dibatasi.

Tentukan Kecepatan WiFi pada Masing-masing IP

Setelah itu, hal terakhir adalah dengan menentukan kecepatan wifi pada masing-masing IP. Pastikan dibagi sesuai dengan kesepakatan. Jadi, dengan Anda melakukan pembatasan kecepatan internet, kecepatannya tidak akan melebihi batas yang sudah Anda tentukan. Sebenarnya ini juga merupakan cara yang bagus untuk Anda bisa menghemat jika misalkan saja ISP yang ada di rumah Anda tidaklah unlimited sepenuhnya dan masih menggunakan FUP atau kuota data.

Cara Membatasi Kecepatan Wifi

Jadi, bagaimana cara membatasi kecepatan Wifi? Penjelasannya mungkin berbeda-beda untuk setiap device router yang Anda gunakan. Jadi, dibawah ini adalah beberapa cara membatasi kecepatan wifi pada router yang pada umumnya banyak sekali digunakan.

Cara Membatasi Kecepatan Wifi di Router TP-Link

  1. Buka Perutean Lanjut > Pengaturan Kontrol

Klik Aktifkan kontrol bandwidth, sekarang di Engress bandwidth (Download speed) dan Ingress bandwidth (Upload speed), tulis kecepatan maksimum yang disediakan oleh penyedia Internet Anda. 

  1. Sekarang pergi ke Advance Routing >> Daftar Aturan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan