Mohon tunggu...
NURKHASANAH
NURKHASANAH Mohon Tunggu... Penulis

Kegemaran saya adalah menulis dan membaca . Membaca yang banyak memberi motivasi terbesar saya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pentingnya Berpikir Positif pada Self Concept Diri Sendiri

13 Desember 2020   12:01 Diperbarui: 13 Desember 2020   12:17 37 5 0 Mohon Tunggu...

Berpikir positif dalam setiap  tindakan dan akktivitas yang kita lakukan tentunya sangat penting, dimana  melalui pemikiran positif itu akan membawa banyak manfaat yang ada pada diri sendiri.Dengan pemikiran positif itu membawa bahakan bisa mengurangi kecemasan maupun ketakutan mengenai apa yang sedang dipikirkan. Bahkan melalui pemikiran positif  akan menumbuhkan optimisme yang tinggi dan semangat yang tinggi  pada diri sendiri. Lalu apa sebenarnya kaitannya dengan self concept  dan apa pentingnya?  ,hal ini akan ada penjelasan selanjutnya.

Self concept dapat  diartikan juga konsep  diri, konsep yang ada  pada diri  setiap individu yang mana tiap  individu memiliki self concept yang berbeda. Menurut wikipedia self  concept  dapat diiartikan adalah pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri. Pandangan diri terkait dengan dimensi fisik, karakteristik individual, dan motivasi diri. Pandangan diri tidak hanya meliputi kekuatan-kekuatan individual, tetapi juga kelemahan bahkan juga kegagalan dirinya Self consept berasal dari:

- Lingkungan

-  Pola asuh kedua  orang  tua

-  bisa dari saudara

- Pengaruhh dari  teman- teman

namun faktor terbesar adalah  dari pola asuh orang tua  yang berperan 80%  dan sisanya dari pengalaman individu iitu sendiri. Kemudian pentingnya self concept yang berkaitan dengan berpikir positiff  yaitu, melalui slf concep bisa meningkatkan pola pikir yang  positif,  bisa menumbuhkan semangat, juga bisa  menumbuhkan kepercayaan dan keyakkinan  yang tinggi pada diri sendiri, apabila dikembangkan pada siswa maupun mahasiswa akan   sangat penting. maka dari itu dengan berpikir positif pada self concept akan membawa hal yang positif dan tentunya akan membawa manfaat.

Contoh berpikir  positif  pada self concept yaitu selalu berpikir bahwa kita bisa cerdas , maka melalui sikap dan pemikiran seperti  itu akan membawa semangat pada diri kita, bukan hanya itu saja  dengan memiliki pemikiran positif akan meningkatkan mental kita,juga meningkaatkan sikap  proaktif  pula.         

VIDEO PILIHAN