Mohon tunggu...
Nuril Mufarroha
Nuril Mufarroha Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kebiasaan Rasulullah Ketika Bangun Tidur

3 Desember 2019   19:33 Diperbarui: 3 Desember 2019   19:38 0 1 0 Mohon Tunggu...

Bangun tidur merupakan nikmat yang tidak ada bandingannya, bagaimana tidak? Ketika kita bangun tidur artinya kita masih diberi kesempatan untuk menghirup udara segar dan menjalani aktivitas seperti biasa. Maka dari itu, pagi hari adalah momentum yang tepat untuk memperbanyak bersyukur kepada Allah SWT. Seringkali di pagi hari kebanyakan orang bermalas-malasan untuk bangun dari tempat tidurnya. Misalnya masih mengecek handphonenya bahkan ada yang tidur lagi dan bangun lebih siang. Padahal ketika bangun, sebenarnya banyak loh kegiatan yang dapat kita lakukan untuk memperbanyak pahala.

Masih berbicara mengenai bangun tidur, kali ini saya akan memberi informasi tentang 6 hal yang selalu dilakukan Rasulullah SAW ketika bangun tidur. Selain bernilai ibadah, hal ini juga baik untuk menyehatkan badan loh. 6 hal itu diantaranya:

Pertama, mengusap wajah dengan tangan. Iya, hal pertama yang perlu kita contoh dari kebiasaan Nabi ketika bangun tidur yaitu mengusap wajah dengan kedua tangan. Tujuannya yaitu agar menghilangkan rasa kantuk kita. Seperti yang diceritakan Ibnu Abbas RA "kemudian ketika sudah masuk waktu pertengahan malam, Rasulullah SAW  bangun kemudian beliau duduk. Lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangan beliau". (HR. Ahmad)

Kedua, membaca doa bangun tidur. Membaca doa merupakah hal yang sangat dianjurkan dalam agama islam ketika akan melakukan sesuatu atau setelahnya. Membaca doa ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Lalu yang ketiga yaitu membaca 10 ayat terakhir dari QS. Ali Imran.

Selanjutnya, yang Rasululloh lakukan setelah bangun dari tidur yaitu bersiwak. Siwak yaitu nama dari sebuah kayu yang digunakan untuk sikat gigi. Di zaman sekarang ini, hal itu bisa dilakukan dengan menggosok gigi dengan sikat gigi pada umumnya. Tujuannya tidak lain yaitu untuk membersihkan gigi dan menghilangkan kotoran-kotoran yang ada pada gigi serta menjaga kebersihan mulut.

Sunnah kelima yaitu membersihkan hidung. Caranya dengan memasukkan air ke dalam hidung, disedot atau istinsyak kemudian mengeluarkannya kembali. Ketika bangun tidur disunnahkan untuk melakukan ini tiga kali umtuk membersihkan rongga hidung karena ketika seseorang tidur, setan menghinggap di hidungnya. Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadits "Apabila kalian bangun tidur maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali karena setan bermalam di rongga hidungnya"(HR. Bukhori & Muslim).

Dan sunnah yang terakhir yaitu membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali. Hal ini sesuai dengan sabdaa Rasulullah SAW, "Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum dia mencucinya tiga kali. Karena dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada"(HR. Bukhori & Muslim).

Nah itu adalah enam sunnah-sunnah Rasulullah SAW ketika bangun tidur yang patut untuk kita teladani atau kita tiru. Amalan yang kita lakukan dalam sehari semalam merupakan sebah ibadah. Untuk itu sudah sepantasnya kita kita sebagai hamba Allah menaati perintah-Nya dan mengikuti anjuran Rasulullah SAW. Dengan begitu semoga kita semua mendapat perindungan dari Allah SWT.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x