Mohon tunggu...
Nur aini fadlilah
Nur aini fadlilah Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang

pecinta buku dan semua ilmu

Selanjutnya

Tutup

Politik

Partai politik apa yang paling efektif di tahun 2024?

11 Juli 2025   08:26 Diperbarui: 13 Juli 2025   19:20 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto partai politik di Indonesia (sumber: homecare24.id)

Gerindra menjadi partai politik yang paling efektif, hal ini dibuktikan dengan munculnya partai Gerindra sebagai partai politik paling favorite anak muda di pemilu 2024 berdasarkan hasil survei dari Goodstats serta keluarnya Prabowo Gibran sebagai pemenang. Tahapan pertama dalam strategi marketing Gerindra adalah dengan memetakan target (segmentasi). Gerindra menjadikan Gen Z dan milenial sebagai target market utama dengan suara mencapai 56, 45%. Tahap positioning market, strategi yang digunakan oleh partai ini sangat efektif, pertama dapat dilihat dari kebijakan yang ditawarkan oleh Prabowo dan Gibran dalam menjawab setiap permasalahan yang ada bagi target market, seperti janji untuk memperluas lapangan kerja dan mewujudkan kemandirian pertahanan dan pangan. Selain itu pasangan ini juga menawarkan program yang unik (tidak dimiliki oleh competitor lain) yakni makan siang gratis.   

Dalam tahap pengembangan kampanye atau promosi dan distribusi strategi yang digunakan oleh partai ini hampir menyeluruh. Pertama, melalui kampanye diberbagai media sosial yang diikuti dengan interaksi aktif dengan followers serta pemanfaatan AI yakni dengan animasi Prabowo gemoy, kemudian melalui kampanye di media tradisional seperti iklan di televisi dan radio dengan cara yang unik (jingle lagu oke gas 2), hingga penggunaan baliho khususnya untuk masyarakat pedesaan. Dalam even debat pun Prabowo berhasil tampil dengan strategi komunikasi debat yang lebih santai dan humoris sehingga tidak terkesan konfrontatif. Selain itu partai ini menggandeng influencer untuk mendukung citra positif kandidat di media sosial, melibatkan tokoh penting dalam masyarakat (kyai, ustadz), serta relawan door to door campaign untuk kampanye akbar. Melalui strategi kampanye, Gerindra telah berhasil mengubah citra Prabowo yang sebelumnya dinilai kaku dan tertutup menjadi citra pemimpin yang lebih lembut, humoris, dan lebih dekat dengan rakyat. Gibran sendiri diusung sebagai simbol regenerasi dalam kepemimpinan sebagai perwakilan dari suara pemilih muda. Dalam optimalisasi marketing politik ini, Gerindra juga meningkatkan kerja sama dengan partai koalisi seperi PAN, Golkar, dan Demokrat serta memperkuat koordinasi setiap kader partai untuk memastikan setiap pesan politik sampai ke pemilih daerah.  

 Selanjutnya jika dianalisis dalam aspek harga dalam teori marketing mix, harga ekonomi partai ini yang paling tinggi yakni menghabiskan 31,43 miliar untuk biaya kampanye. Selain itu adanya program makan siang gratis menjadi pertimbangan bagi pemilih apakah realistis dengan anggaran, namun gerindra telah berhasil meyakinkan pemilih bahwa program ini tidak akan membebani APBN. Selain itu gerindra juga berhasil meyakinkan pemilih dengan bentuk program stabilitas melalui keberlanjutan Pembangunan dibandingkan perubahan. 

Figure Prabowo serta dukungan dari partai gerindra dan koalisinya telah berhasil membuat pemilih percaya dan yakin untuk memilih 02. Prabowo yang dikenal dengan sikap ketegasan, rekam jejak, serta relasi hubungan internasional yang dimilikinya menjadi sebuah kepercayaan dari masyarakat bahwa Prabowo dapat memberikan citra positif dan menjadi kebanggaan nasional.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun