Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (Al Mulk 67:30)

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Mengintip Tugu Jarum Cahaya di Dublin dan Keramahan Irish People

6 Maret 2021   17:16 Diperbarui: 7 Maret 2021   00:20 373 63 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Tugu Jarum Cahaya di Dublin dan Keramahan Irish People
Tugu Cahaya didesain dengan detail rumit tanda seni berkelas Irish (Foto: dokpri) 

Saya membuka catatan lama ketika dalam perjalanan di Dublin, Irlandia. Apa yang menarik dari negara kuno di arah barat Inggris Raya ini?

Pasti definisi menarik adalah adanya keunikan, bagaimana mungkin satu pulau ada 2 negara yakni UK di Belfast North Ireland dan Dublin di South Ireland? 

Irlandia, dalam bahasa Inggris Ireland dideskripsikan sebagai nama resminya, Republik Irlandia atau Republic of Ireland adalah sebuah negara yang mencakup lima perenam Pulau Irlandia yang terletak di bagian barat laut Eropa. 

Populasi Irlandia berjumlah kurang lebih dari 4 juta jiwa (bandingkan dengan Indonesia yang warganya 186 juta orang), dan termasuk anggota Uni Eropa.

Wilayah Pulau Irlandia yang tidak termasuk republik ini dimiliki oleh Irlandia Utara, bagian dari Britania Raya. Di sebelah timur berbatasan dengan Laut Irlandia, sebelah utara Irlandia Utara, sebelah barat dan selatan Samudra Atlantik.

Benderanya mencerminkan wajah toleransi yang dikembangkan di antara 2 agama besar, yakni Kristen Protestan dan Katolik. 

Tiga warna di bendera Irlandia yang diciptakan pada tahun 1848, didesain untuk melambangkan realitas politik Irlandia. Warna orange adalah simbol agama Protestan Irlandia, warna hijau untuk Katolik Irlandia dan warna putih melambangkan harapan perdamaian diantara keduanya.

Kemerdekaan Irlandia sendiri diperoleh pada 29 Desember 1937, perjanjian yang mengakui kemerdekaan Irlandia ditandatangani oleh pemimpin Irlandia Selatan dan pemerintah Britania Raya.

Orang mengira bahwa Irlandia berbahasa Inggris, padahal ia punya akar budaya sendiri yang membedakan dengan UK atau Inggris Raya. Irish, adalah bahasa yang punya gaya dan bahasa bertutur yang berbeda, meskipun ya nyerempet-nyerempet ada kemiripan. 

Dengan alasan tengah berlangsungnya Perang Dunia II, Inggris tidak melaksanakan isi perjanjian 1937 tersebut. Setelah perang berakhir, pada tahun 1949, rakyat Irlandia selatan yang mayoritas Katolik, mengumumkan secara resmi kemerdekaannya dari Britania Raya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN