Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar alam

Penyuka kajian lingkungan dan budaya. Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Mengicip Sajian "Microgreen"

1 Desember 2022   22:12 Diperbarui: 2 Desember 2022   09:00 759
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Microgreen Bunga Matahari (Foto: Suprihati)

Gaya hidup sehat termasuk konsumsi bernutrisi baik kian merambah luas. Salah satunya tren konsumsi microgreen. Mari simak sajian dan budidaya microgreen skala rumah tangga.

Mengicip sajian microgreen

Sajian mengepul panas menguarkan aroma harum menggoda. Apa nih, Bun? Simple microgreen soup, begitu jelas Bunda Rina. 

Melongok isinya ada sejumput fish cake, microgreen kangkung dan bunga matahari segar yang disiram kuah panas. Sekilas tampilan mirip kuah tom yum yang panas pedas segar.

Peserta pelatihan urban farming sub tema microgreen mendecap mematrikan rasa sajian ini. Panas dari kuah sup dan terik yang tersungkup di dalam rumah kaca tempat pelatihan pun berpadu. Tidak mengurangi perhatian peserta menyimak materi.

Sajian salad mixed microgreen (Foto: Dokumentasi pribadi)
Sajian salad mixed microgreen (Foto: Dokumentasi pribadi)

Berikutnya disajikan sepiring mini microgreen mixed salad with beef galbi soes yang menggoda selera. Duh, namanya sulit amat dilafalkan. Begini nih tampilannya. Soes mini diisi salad campuran buah dan microgreen, dipadu bola daging bumbu galbi ala Korea dengan taburan keju chedar parut.

Bahan dasar salad adalah nanas, timun, wortel serut, daun selada dan campuran microgreen dari bunga matahari, kangkung dan sawi. Semua bahan segar bersih dicampur kemudian diberikan dressing sesuai selera. Mau rasa manis asam atau ada gurih dari taburan wijen.

Menilik komposisi gizi dan kalori rasanya cukup ada karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin pun mineral. Untuk lidah dan lambung kita, bisa di ATM (amati tiru modifikasi). Komposisi gizi dan selera lidah terpenuhi.

Bertanam microgreen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun