Mohon tunggu...
Novita Ratnawati
Novita Ratnawati Mohon Tunggu... Traveler

dengan Menulis membuat wawasan semakin berkembang

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Kronyos Mak Adi, Gurihnya Bikin Kangen

11 Mei 2021   16:23 Diperbarui: 11 Mei 2021   16:44 242 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kronyos Mak Adi, Gurihnya Bikin Kangen
Kronyos Mak Adi / twitter.com/javafoodie_

Kronyos, mungkin untuk sebagian orang masih terdengar asing nama tersebut. Kronyos adalah salah satu olahan kambing yang mulai banyak diminati oleh pecinta olahan kambing. Berasal dari gajih atau lemak kambing yang di goreng. 

Bagi sebagian orang, mungkin kuliner yang satu ini termasuk kuliner jahat tapi nikmat. Potongan-potongan lemak kambing yang sudah ditaburi garam, masuk ke penggorengan panas. Sambil terus di bolak balik beberapa saat, akan ditambahkan sedikit kuah yang biasanya menemani sate klatak. Proses membolak-balik lemak terus dilakukan sampai kuah tadi tercampur dan meresap sempurna. 

Hmm.. bisa dibayangkan seperti apa aroma jika kamu berada disana. Harum dan gurih memenuhi rongga hidung, membuat lidah semakin tidak sabar untuk segera menikmati sajian kuliner yang satu ini.

Proses pembuatan Kronyos / temukonco.com
Proses pembuatan Kronyos / temukonco.com
Saat lemak sudah berubah warna menjadi kecoklatan, dan tekstur luar terlihat garing menandakan sajian tersebut siap untuk dihidangkan. Saat awal menggigit akan terasa bagian luar yang renyah, sedangkan bagian dalam terasa lembut. 

Lemak yang siap santap bisa dinikmati sebagai kudapan teman ngobrol setelah menyantap sate klatak.Sensasi gurihnya akan sangat terasa.  Atau bisa juga kamu nikmati bersama nasi hangat kemudian disiramkan kuah sate klatak, rasanya dijamin akan membuat kamu ketagihan.

Banyak cara untuk menikmati Kronyos / facebook.com/gembulfoodie
Banyak cara untuk menikmati Kronyos / facebook.com/gembulfoodie
Tidak hanya itu saja, ternyata banyak cara untuk menikmati kronyos. Kamu juga bisa menikmati kronyos bersama nasi hangat dan disiram sambel kecap dengan banyak irisan cabe rawit. Hmm... rasanya bisa dibayangkan, gurih dan renyahnya lemak dipadu dengan pedas manisnya irisan cabe rawit dan kecap. 

Pedas, manis, gurih menjadi satu / facebook.com/gembulfoodie
Pedas, manis, gurih menjadi satu / facebook.com/gembulfoodie

Kamu penasaran? Langsung datang saja ke Jl. Imogiri Tim. No.KM 10, Jati, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari jam 10.00-02.00 WIB. Untuk jam tutup bisa lebih awal saat semua bahan habis ya.

Selain Kronyos, Warung Mak Adi juga menjual sate klatak ya sobat kuliner. Jadi pastikan kamu mencoba keduanya. Karena ini adalah hidangan istimewa, di tangan Mak Adi daging kambing akan takhluk sehingga terhindar dari bau lebus dan pastinya tekstur dagingnya jauh dari kata alot.

Kamu juga bisa mencoba destinasi menu olahan kambing lainya di kota Jogja ini. Selamat berburu kuliner guest.!!

VIDEO PILIHAN